Peristiwa

Hujan Deras Disertai Angin Kencang Porak-porandakan Blitar : 9 Rumah Rusak, Tower Dispendukcapil Patah

Sembilan rumah warga di Desa Suruhwadang, Kecamatan Kademangan rusak akibat hujan deras disertai angin melanda wilayah tersebut. Hujan deras disertai angin ini terjadi Rabu (29/1/2020) sekitar pukul 13.30 WIB.

Tak hanya merusak rumah warga, angin kencang juga menerpa sebuah tower milik Dispendukcapil Kabupaten Blitar yang berada di areal Kantor Kecamatan Kademangan. Akibatnya tower tersebut patah dan terancam tak bisa digunakan lagi. “Ada dua dusun yang terdampak. Satu di Dusun Krajan sebanyak tujuh rumah rusak. Kemudian di Dusun Jodangsan, dua rumah juga mengalami kerusakan,” ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar, Ahmad Cholik saat dikonfirmasi.

Di Dusun Krajan, rumah terdampak adalah milik Kijo, Sigit, Mani, Sirum, Wito, Triasih, dan Sri Utami. Sedangkan  di Dusun Jodangsan  rumah terdampak merupakan milik Mianto dan Lolo.

Menurut Cholik,  hujan deras disertai angin kencang ini rata-rata menyebabkan kerusakan bagian atap rumah. Meski begitu, dia memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Masyarakat sudah semakin tanggap bencana sehingga dampak bencana bisa diminimalisir,” imbuhnya.

Bencana angin kencang ini sebelumnya juga terjadi di Kecamatan Bakung dan Kecamatan Wonotirto. Akibatnya tiga rumah rusak parah sedangkan 66 lainnya rusak ringan.  Kedua kecamatan ini lokasinya berdekatan dengan Kecamatan Kademangan yang posisinya paling utara.(*)(aun/yah)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close