Wisata

Pemdes Kalibatur Serahkan Seluruh Retribusi Pantai Sine, Disbudpar Targetkan Peningkatan Pengunjung

Pihak Pemerintah Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir akhirnya menyerahkan seluruh uang retribusi yang dipungut pada tahun baru lalu di Pantai Sine. Pemdes meyerahkan uang itu dengan didampingi oleh Camat Kalidawir langsung kepada Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Tulungagung.

“Alhamdulillah hari ini (29/1/20) sudah diserahkan semua tanpa berkurang sepeserpun,” ujar Sekretaris Dispbudpar, Eny Dwi Agustin.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Tulungagung mencatat, ada retribusi pada tahun baru lalu di Pantai Sine sebesar Rp 63.750.000,-.

Untuk selanjutnya pihaknya melakukan kerjasama pengelolaan Pantai Sine dengan masyarakat sekitar. Urusan retribusi menjadi urusan Disbudpar, sedang untuk parkir, hiburan maupun kuliner diserahkan sepenuhnya pada masyarakat sekitar.

“Urusan retribusi (urusan) kita, mereka boleh usaha di dalam (Pantai Sine) untuk meningkatkan perekonomian wilayah sana,” kata wanita berjilbab itu.

Sedangkan untuk memenuhi permintaan dari pihak Pemdes untuk memperdayakan masyarakat sekitar sebagai petugas penarik retribusi, pihaknya sudah mengabulkanya dengan memberikan SK pada 5 warga sekitar. Mereka akan menerima gaji yang bersumber dari APBD sebesar 750 ribu perbulan.

“Petugas Pramu Bhakti Destinasi Investasi Wisata, mereka petugas yang dibiayai jasa kerja, kalau dulu 600 ribu sekarang 750 ribu per bulan,” terang Eny.

Disinggung tentang warga sekitar yang dianggap kurang bisa mengmbangkan pariwisata lantaran minim inovasi, Eny menjelaskan pihaknya sudah melakukan pembinaan pada masyarakat sekitar dan akan terus dilakukan.

“Pengembangan pariwisata bukan hanya objeknya tapi juga orangnya,” tutur wanita ramah itu.

Untuk tahun 2020 pihaknya menargetkan mampu meraup retribusi khusus untuk Pantai Sine sebesar 200 juta rupiah dan terus meningkat di tahun selanjutnya.

Sementara itu Camat Kalidawir, Mundiyar dan Kades kalibatur, Asim enggan berkomentar selepas menyerahkan uang retribusi itu.

Sebelumnya, terjadi tarik ulur antara Disbudpar Tulungagung dan Pemdes Kalibatur terkait uang retribusi Pantai Sine. Pihak Pemdes enggan menyerahkan seluruh uang retribusi itu, dan hanya menyerahkan separuh dari total retribusi.

Pihak Pemdes berdalih saat pergantian tahun banyak panitia yang dilibatkan dalam penarikan retribusi. Sebagian uang itu digunakan untuk membayar honor panitia sejumlah 143 orang.

Disbudpar pun tetap kukuh pada pendirianya untuk meminta seluruh retribusi tersebut. Pihak Disbudpar berdalih penarikan retribusi itu sudah diatur dalam perda, selain itu masyarakat sudah diberi kewenangan untuk mengelola lahan parkir dan berusaha di dalam area wisata.(jp/krn)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close