Hiburan, Seni dan Budaya

Eskavasi Situs Candi Gedog Dipastikan Lanjut, Berikut Rencana Pemkot Blitar

Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar memastikan akan melanjutkan ekskavasi situs Candi Gedog di Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

Kepastian ini setelah pemkot melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mencapai kesepatakan dengan pemilik lahan dan ahli waris makam di lokasi situs.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Tri Iman Prasetyono dilansir dari laman situs resmi Pemkot Blitar, Rabu (29/1/2020) mengatakan, anggaran untuk proses ekskavasi lanjutan situs Candi Gedog yang mencapai 131 juta rupiah diprediksi akan turun pada Februari 2020.

Anggaran itu akan digunakan untuk sewa lahan selama setahun, ganti untung tanaman yang terdampak ekskavasi tahap pertama dan pemindahan makam di area situs Candi Gedog.

“Karena dinilai terbatas, kami sudah berkoordinasi dengan Camat Sananwetan dan Lurah Gedog untuk menggerakkan warga agar bergotong royong ikut menggali saat proses ekskavasi,” ungkap Tri Iman.

Tri Iman menambahkan, saat ini pihaknya tengah melakukan koordinasi langsung dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur terkait rencana ekskavasi lanjutan Situs Candi Gedog.

Rencananya, BPCB akan melakukan dua kali survey untuk menemukan bangunan utama candi.

“Kita sudah ada kesepakatan dengan warga, anggaran juga sudah ada konfirmasi, jadi kita usahakan Februari kita mulai lagi,” paparnya.

Seperti diketahui, Tim BPCB Jawa Timur, telah melakukan ekskavasi awal di situs Candi Gedog.

Dari ekskavasi ini tim berhasil menemukan Pagar keliling diperkirakan sebagai batas kesakralan menjadi bukti bahwa ada bangunan candi di kawasan tersebut.

BPCB kemudian merekomendasikan untuk melakukan ekskavasi lanjutan guna mengungkap bangunan candi.

Posisi bangunan candi itu diperkirakan berada di sebelah barat pohon beringin yang tertimbun tanah, dan bebatuan.(ar/ery)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close