Peristiwa

Hujan Deras dan Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga Kabupaten

Muniri warga Dusun Sidodadi, Desa Ringinsari, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang hanya bisa pasrah, saat mengetahui rumahnya rusak parah setelah tertimpa pohon tumbang, Kamis (30/1/2020).

Tumbangnya pohon jenis waru yang ada di samping rumahnya tersebut, diakibatkan guyuran hujan deras diikuti angin kencang. “Informasinya, tidak ada korban jiwa atas peristiwa ini. Hanya kerugian materil akibat rumah korban tertimpa pohon tumbang,” kata Kasubsi Penanggulangan Bencana PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Malang, Mudji Utomo.

Diperoleh keterangan, sesaat sebelum musibah pohon tumbang itu terjad, sejak siang hari, sekitar pukul 12.30 WIB, hujan dengan intensitas tinggi terjadi di wilayah Kabupaten Malang. Termasuk di Kecamatan Sumbermanjing Wetan. ”Saat hujan deras terjadi, di lokasi kejadian juga sempat berhembus angin kencang,” sambung Utomo kepada wartawan.

Sejam kemudian, lanjut Utomo, hujan deras yang disertai angin kencang tersebut mengakibatkan pohon tumbang. Beruntung, saat kejadian penghuni rumah sedang berada di ruangan depan. ”Pohon tumbang hanya menimpa atap dapur dan ruang tengah rumah korban, tidak ada korban. Namun rumah serta beberapa perabotan rusak. Berapa kerugiannya masih dalam pendataan, petugas saat ini masih melakukan assesment di lokasi kejadian,” ungkap Utomo.

Berdasarkan pendalaman petugas di lapangan, tumbangnya pohon itu disebabkan adanya pengikisan tanah. Di saat bersamaan, akar pohon yang tidak kuat menahan kencangnya hembusan angin, membuat pohon waru tersebut akhirnya tumbang. ”Hujan deras juga menyebabkan plengsengan disamping rumah korban ambrol. Robohnya sudah sejak 2 tahun lalu, dan akibat terus diguyur hujan ambrolnya plengsengan semakin meluas,” pungkasnya.(ash/yah)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close