Hukum dan Kriminalitas

Puluhan Pelanggaran Izin Mendirikan Bangunan Didominasi Toko Retail dan Hotel

Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pindu dan Tenaga Kerja (DPMTSPTK) Kota Batu mencatat pada tahun 2019, ada 63 bangunan yang melanggar atau tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Sedangkan pada tahun 2019 itu DPMTSPTK Kota Batu telah mengeluarkan 3.301 perizinan. Rinciannya sertifikat produksi pangan rumah tangga dengan ada 136 izin. Lalu Kartu pengawas mobil dengan 478 izin, kerangka Rencana Kota dengan total 432, dan bangunan gedung total 229 izin dan perizinan yang lainnya.

Kepala DPMTSPTK Kota Batu Bambang Kuncoro mengatakan beberapa tahun terakhir memang pada banyak bangunan yang telah melanggar aturan. “Belum pegang IMB tapi sudah membangunan bangunan,” katanya.

Pelanggar tersebut didominiasi toko retail dan hotel. Seperti halnya dua tempat yang berada di area Joglo Batu di Jalan Sultan Agung, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu dan di Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji.

Keduanya beberapa saat lalu telah dilakukan inspeksi mendadak (sidak) oleh DPRD Kota Batu bersama Pemkot Batu. Ke dua tempat tersebut disidak lantaran belum memiliki IMB. Namun mereka sudah melakukan aktivitas pembangunan.

Seperti di kawasan Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, yang merupakan kawasan hijau atau pertanian, di sana sudah terdapat pembangunan tembok yang cukup tinggi. Kemudian terdapat pembangunan pembuatan kandang.

Sedangkan bangunan yang terletak di area Joglo Batu itu prosesnya sudah membuat bangunan dua lantai. Sayangnya juga belum mengeluarkan IMB. “Hal ini harap diperhatikan oleh investor jika berinvestasi di Kota Batu untuk mematuhi peraturan yang ada. Mendirikan bangunan boleh jika sudah memiliki IMB,” tutup Bambang.(Ir/Ay)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: