Peristiwa

Dibantu Polisi dan TNI, Warga Perbaiki Saluran Irigasi yang Diterjang Banjir Bandang di Kota Batu

Polri bersama TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Tagana Kota Batu, Dinas Sosial Kota Batu, dan warga sekitar Kamis (30/1/2020) hari ini bergotong royong  melakukan kerja bakti pasca-terjadinya bencana di tiga titik di Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu.

Mereka membaur mengangkat karung dan sebagainya untuk memperbaiki saluran irigasi setelah bencana banjir bandang dan tanah longsor di Jalan Durian, Dusun Songgoriti, Kelurahan Songgokerto.

Sebelumnya, hujan cukup deras bertahan cukup lama dan membuat pelengsengan saluran irigasi ambrol diJalan Durian RT 2 RW 2.  Akibat jebolnya pelengsengan, banjir bandang berupa air campur lumpur masuk ke rumah warga. Ada dua rumah warga yang terdampak cukup parah.

“Pasca-bencana tersebut, masih menyisakan material di beberapa sudut. Timbunan tanah juga masih menutupi jalan. Sehingga kami lakukan kerja bakti,” ungkap Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama.

“Kegiatan pembersihan ini difokuskan mengangkat sisa–sisa tanah yang masih menutupi selokan serta saluran air agar tidak menyumbat dan meluber ke mana-mana lagi,” imbuh kapolres. Harviadhi menambahkan. anggotanya siap 100 persen digerakkan jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, Kasubbag Humas Polres Batu Iptu Ivandi Yudistiro menambahkan, antusiasme masyarakat Kelurahan Songgokerto dalam dalam bekerja bakti perlu diacungi jempol.

“Mereka kompak, baik yang tua maupun yang muda. Bahu-membahu bersama TNI, Polri, BPBD, Dinas Sosial untuk menormalkan kembali wilayah yang terdampak bencana,” ucapnya.

Pembersihan area terdampak bencana itu sebenarnya sudah dilakukan pasca-bencana yang terjadi Rabu kemarin. Meski demikian, kerja bakti terus dilakukan agar desa tersebut bisa kembali normal.

(ir/muh/hel)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: