BeritaPeristiwa

PKS Banjir Hujatan Gara-Gara Usul Ganja Diekspor

Usulan “nyeleneh” dilontarkan politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Rafli. Anggota Komisi VI DPR ini mengusulkan ganja bisa dijadikan komoditas ekspor.

Usulan tersebut bahkan diungkapkan di forum resmi. Yakni dalam rapat kerja Komisi VI DPR dengan Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto, Kamis (30/1/2020), saat membahas perjanjian dagang ASEAN dengan Jepang.

Rafli beralasan ganja bisa digunakan sebagai obat. Legislator dari dapil Aceh itu juga menyinggung mudahnya ganja tumbuh di Aceh.

“Misalnya, ganja ini. Entah untuk kebutuhan farmasi atau apa aja, jangan kaku lah kita. harus dinamis. Ganja ini tumbuhnya mudah di Aceh. Saya rasa ini ganja harus jadi komoditas ekspor, bagus,” kata Rafli.

Menanggapi usulan politikus PKS itu, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menegaskan perlu melihat aturan terlebih dahulu. Pasalnya, ganja masuk dalam golongan narkotika.

Menurut Agus, yang disampaikan Rafli baru sebatas usulan. Aturannya akan dikaji.

“Selama ini, itu (perdagangan ganja) kan tidak diperbolehkan,” ujar Agus. “Jadi nanti kita lihat ke depannya bagaimana, kepentingannya untuk apa. Karena itu tidak bisa diperjualkan secara bebas,” sambung dia.

Usulan Rafli pun menuai banyak tanggapan dari warganet. Hampir semua heran mengapa usul dilontarkan pihak PKS karena selama ini PKS sangat kental dengan partai Islam.

Jayabaya, misalnya, bahkan mempertanyakan apakah paradigma PKS sudah berubah. “Jelas-jelas ganja dilarang oleh UU dan banyak yang mengatakan ganja itu haram.
Apa paradigma PKS sudah berubah ?
Apakah sekarang haram akan jadi halal?” ujarnya.

Yusuf Dumdum juga mengaku kaget dengan usul politikus PKS itu. Dia juga mengungkapkan bagaimana respons “pihak oposisi” jika usul itu disampaikan “kubu penguasa”. “Ya Allah, bikin Kaget.
Pagi-pagi baca berita, ada politikus PKS minta agar Jokowi legalkan ganja, untuk kemudian bisa dijadikan komoditas ekspor.
Ini kalau Ahok atau Jokowi yg ngomong, pasti sudah didemo oleh pasukan …… sampai berjilid-jilid,” ungkap dia.

Itu usul dr politikus PKS dr dapil Aceh.
Ingat undang undangnya melarang ; menanam, memakai dan memperjualbelikan ganja
Ini malah usul mau ekspor.
Kisah Fidelis, yg pakai ganja buat obati istrinya, berujung dibui 8 bulan dan akhirnya istrinya meninggal,” sambung Kantayu.

Tak mau kalah, @nos meminta politikus PKS banyak belajar lagi. “PKS,,, Partai Islami kan !!! Kok wakilnya di DPR yg katanya WAKIL Rakyat usulkan Ganja jadi Komunitas Ekspor, Ini org harus belajar lagi ke TK, memalukan,” ucapnya.

“Bos ini bukan masalah kaku atau harus dinamis. Ganja kan sudah jelas barang haram kenapa diusulkan jadi komoditas ekspor situ SEHAT,” timpal Asep.

Alika Naila Putri malah mencolek dan meminta komentar Fahri Hamzah, mantan politikus PKS yang kini berkiprah di Partai Gelora. “Gimana nih respon om @Fahrihamzah melihat anggota DPR dari partai lamanya @PKSejahtera yang usul ganja jadi komoditi ekspor,” tanyanya.

Lain lagi dengan Cecep Madjid. Dia menilai bahaya sekali jika ekspor ganja diperbolehkan. “Barang Haram diminta jadi Komoditas Ekspor. Bisa2 Lahan2 di RI pada Nanam Ganja semua,Ujung2 nya Rakyat RI jadi Pecandu nya,” tandas dia. (red/hel)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: