Olahraga

Ribuan Atlet Pencak Silat Muda Seluruh Indonesia Adu Kemampuan di Batu Championship

Sebanyak 2.363 pesilat adu kemampuan dalam Batu Championship 1 di GOR Gajah Mada, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Jumat (31/1/2020). Mereka yang bertanding itu dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari pulau Jawa, Kalimantan Timur, hingga Lampung.

Pertandingan Pencak Silat ini terbagi dari beberapa kategori pertandingan, yaitu Usia Dini/SD sampai dengan 8 tahun, SD 9-12 tahun, Pra Remaja/SMP, dan Remaja/SMA. Yang dipertandingkan adalah Tanding/Fight dan Jurus/Seni. Para pesilat ini menunjukkan jurus/seni pertandingan yang terbaik di hadapan dewan juri dan penonton yang ada di GOR Gajah Mada.

Batu Championship terdapat 6 gelanggang, diikuti oleh 310 kontingen dengan 62 wasit/juri. Mereka mengikuti pertandingan selama 2 hari dari tanggal 31 Jan – 1 Feb 2020. Pertandingan yang akan memperebutkan piala Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia ini dibuka oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

Dewanti berharap kegiatan tersebut dapat digelar setiap tahunnya. Dengan harapan jumlah peserta yang ikut serta semakin bertambah.“Even seperti ini agar setiap tahun bisa digelar. Karena pertandingan juga untuk meningkat kemampuan pada atlet, sehingga gak hanya latihan saja tapi, diuji dengan perlombaan seperti ini,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Panitia Batu Championship 1 Romy Ardiansyah menambahkan perlombaan ini berupaya untuk meningkatan minat anak untuk berani dan percaya diri akan kemampuan yang dimilikinya selama berlatih pencak silat. Juga agar dapat menjadi motivasi dan ajang melatih keberanian. Untuk remaja dapat memunculkan bibit-bibit atlet nasional masa depan pesilat Indonesia.
“Supaya bibit-bibit berbakat ini muncul. Selain itu agar menjadi motivasi bagi setiap atlet untuk terus meningkatkan kemampuannya,” ucap Romy.(irs/yah)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: