Uncategorized

Tertimbun Material Tebing Setinggi 15 Meter, Akses Jalan Malang-Kediri Tertutup Longsor

Akses jalan provinsi yang menghubungkan Malang menuju Kediri atau sebaliknya mendadak macet, Rabu (18/3/2020) dini hari. Hal itu disebabkan adanya material longsor yang menutup akses jalan yang ada di Dusun Kedungrejo, Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

”Arus lalu lintas sempat dibuka satu arah dengan sistim buka tutup, tadi pagi material longsor dibersihkan menggunakan alat berat. Saat ini akses lalu lintas terpantau mulai normal kembali,” kata Kasubsi Penanggulangan Bencana PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Malang, Mudji Utomo.

Diperoleh keterangan, Selasa (17/3/2020) sore sekitar pukul 15.00 WIB hujan dengan intensitas tinggi sudah terjadi di sekitar lokasi kejadian. Sekitar 8 jam kemudian, tebing yang ada di Dusun Kedungrejo mengalami longsor akibat tidak bisa menahan gerusan air hujan.

”Tebing setinggi 15 meter dan lebar 8 meter yang roboh akibat longsor, menutup sebagian akses jalan provinsi yang menghubungkan arah Malang-Kediri,” sambung Utomo.

Sesaat setelah musibah longsor ini terjadi, petugas gabungan dari Muspika Kecamatan Pujon, PMI Kabupaten Malang, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), Dinas PU Bina Marga, Koramil dan Polsek Pujon dikerahkan ke lokasi kejadian.

”Tidak ada korban jiwa, untuk kerugiannya petugas masih melakukan pendataan di lokasi kejadian,” ungkap Utomo saat dikonfirmasi media online ini.

Di sisi lain, petugas gabungan yang dibantu warga setempat baru bisa membersikan material longsor yang menutup jalan tadi pagi (Rabu 18/3/2020) sekitar pukul 04.00 WIB. ”Guna membersihkan material longsor berupa lumpur dan bebatuan, petugas menerjunkan alat berat ke lokasi kejadian. Saat ini situasi terpantau kembali kondusif,” tutup Utomo.(as/lnr)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close