Lifestyle

Tips Jitu Mengatur Keuangan Rumah Tangga di Tengah Pandemi Corona

Situasi pandemi corona tentunya membuat aktivitas masyarakat terganggu. Terlebih pemerintah telah mengimbau untuk menghindari aktivitas di luar rumah yang tidak begitu penting.

Bahkan, pemerintah juga mengimbau untuk bekerja dan ibadah di rumah demi mencegah penularan virus corona.

Namun, penerapan tersebut tentunya berdampak langsung pada keuangan rumah tangga.

Dijelaskan oleh investment specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Krizia Maulana, tinggal di rumah saja justru menimbulkan masalah baru, yakni membengkaknya pengeluaran rumah tangga.

Krizia Maulana lantas menambahkan bahwa pengeluaran ekstra pastinya terjadi seiring dengan meningkatnya aktivitas di rumah. Antara lain biaya kuota internet hingga kebutuhan pokok dan suplemen atau vitamin.

Lebih lanjut Krizia menjelaskan saat inilah dana darurat digunakan. Dana tersebut yang nantinya digunakan untuk menutupi pengeluaran ekstra.

Namun bila tidak memiliki dana darurat, Krizia membagikan tips bagaimana cara mengatur keuangan selama pandemi corona ini.

Berikut rangkumannya:

1. Membuat Daftar Pengeluaran
Anda bisa membuat daftar pengeluaran rutin per bulan.
Daftar itu nantinya akan mengetahui pos-pos mana yang bisa distop lebih dulu dan dialihkan untuk menutup kebutuhan lainnya.
Misalnya transportasi dan gaya hidup yang bisa ditunda untuk dialihkan pada kebutuhan yang lebih perlu. Soalnya, kebutuhan itu tidak diperlukan selama menerapkan social distancing dan WFH.

2. Menahan Nafsu Belanja

Panic buying biasanya dilakukan karena ketakutan akan berkurangnya pasokan makanan. Padahal, pemerintah sudah memastikan pasokan makanan dan kebutuhan pokok lainnya tetap aman. Maka, sikap yang tepat yakni jangan panik dan bijak berbelanja sesuai dengan kebutuhan.

3. Tetap berinvestasi tapi Dikurangi Saat mengatur keuangan rumah tangga untuk menutupi pengeluaran ekstra, kita bisa mengurangi sedikit porsi investasi. Namun, setelah masa penyesuaian berakhir dan bisa menutup pengeluaran ekstra, investasi bisa dilakukan secara utuh.
Jika memungkinkan, menambah porsi lebih untuk dana darurat. (dk/hel)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close