Lifestyle

Masker Kain Diklaim Bisa Tangkal Virus hingga 70 Persen, Ini Penjelasan Tim Pakar

Sejak munculnya wabah corona di tanah air, diketahui persediaan masker sangatlah langkah. Harganya pun semakin naik karena diburu masyarakat.

Diketahui, masker merupakan salah satu kebutuhan yang disebut bisa membantu menangkal penularan virus corona saat ini.

Terkait hal itu, kini tengah heboh bahwa masker kain sangatlah bisa membantu untuk mengatasi penyebaran virus. Masker dari kain pun kini sudah mulai banyak diproduksi dan dijual.

Tim pakar Gugus Covid-19 Wiku Adisasmito lantas menjelaskan tentang penggunaan masker kain tiga lapis di masyarakat. Wiku Adisasmito mengatakan bahwa masker kain bisa menekan angka penyebaran virus, namun kurang optimal.

Ia menegaskan bahwa masker kain bisa menangkal virus hingga 70 persen.

Dengan demikian, disarankan tetap menjaga jarak minimal 1-2 meter. Karena masih ada potensi virus masuk, Wiku mengatakan agar masyarakat tetap melakukan social distancing dan tidak melakukan kegiatan di luar rumah.

Lebih lanjut, Wiku menjelaskan bagaimana cara pemakaian masker kain hingga cara perawatannya. Yakni masker kain harus dipakai mulai hidung hingga menutup dagu.

Masker kain harus diganti dan dicuci secara rutin dan harus menyiapkan beberapa masker untuk ganti.

Penggunaan masker sangat perlu dilakukan mengingat penyebaran virus masuk dari tiga hal, yakni hidung, mulut, dan mata, yang dibawa masuk oleh jari manusia.

Wiku juga mengimbau agar masyarakat saling mengingatkan dalam menggunakan masker. (dk/hel)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: