Hiburan

Dampak Covid-19, Ini 3 Jurus Wishnutama Dongkrak Industri Pariwisata

Pariwisata menjadi salah satu industri di tanah air yang terkena dampak pandemi corona atau covid-19.

Terkait hal itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama memiliki tiga strategi untuk mengatsi dampak virus corona.

Ia menjelaskan pihaknya sudah menyiapkan tiga tahapan untuk merespons dampak corona. Yakni tanggap darurat, pemulihan, dan normalisasi.

Dalam tahap tanggap darurat, Kemenparekraf akan memberikan support kepada tenaga kesehatan dengan menyiapkan akomodasi, makanan, hingga transportasi. Pasalnya, tenaga kesehatan saat ini menjadi garda terdepan dalam penanganan kasus covid-19 agar tidak meluas.

Sedangkan untuk pemulihan, Kemenparekraf akan melakukan identifikasi dan berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga lain untuk mengindentifikasi dampak secara detail akibat wabah corona.

Selanjutnya memberi dukungan kepada para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dari sisi ketenagakerjaan, utilitas, keringanan retribusi, relaksasi pinjaman, pemanfaatan kartu pra kerja, hingga pelatihan online untuk SDM.

Sementara untuk tahap normalisasi, Kemenparekraf melakukan promosi kembali baik di dalam maupun luar negeri, hingga menyiapkan insentif untuk industri pariwisata sekaligus pelaku ekonomi kreatif.

Kemenparekraf akan kembali menyusun agenda-agenda internasional dan kalender kegiatan nasional untuk menunjang wisata.

Selain itu, Kemenparekraf akan membenahi destinasi, khususnya dari sisi keamanan dan keselamatan, sumber daya manusia, serta daya tarik setiap destinasi. (dk/hel)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close