Hiburan

Saat Coronavirus Diubah Menjadi Alunan Musik, Terdengar Merdu

INDONESIAONLINE – Wabah Covid-19 yang disebabkan Coronavirus juga bisa menjadi ide sebuah kreativitas.

Kali ini, para ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) di Amerika Serikat bereksperimen mengubah struktur virus Corona.

Eksperimen tersebut mereka ciptakan dalam bentuk alunan musik dan menghasilkan sebuah lagu yang cukup merdu.

Virus Corona diketahui memiliki tanduk-tanduk yang terbuat dari beberapa jenis asam amiro yang memiliki fungsi untuk merekatkan diri ke sel-sel reseptor manusia.

Asam-asam amino itulah yang lantas diletakkan pada nada berbeda oleh para ilmuwan mengunakan teknologi kecerdasan buatan bernama sonification.

Sementara untuk panjang dan pendek nada serta volume bergantung pada bentuk asam amino tersebut yang keriting atau lurus.

Rangkaian itu menghasilkan sebuah lagu berdurasi 110 menit yang kaya dengan berbagai jenis suara instrumen antara lain seruling dan lonceng yang mewakili aspek berbeda dari protein pada virus corona.

Para ilmuwan MIT lantas menerbitkan kreasi mereka di majalah Science dan mengatakan jika instrumen utama dalam lagu virus corona itu adalah koto, alat musik tradisional Jepang yang mirip kecapi di Tanah Air.

Terlihat sepele memang, namun para peneliti memiliki tujuan serius dalam pembuatan eksperimen ini.

Mereka memiliki harapan dengan karya tersebut bisa membantu ilmuwan lain untuk mengidentifikasi kelemahan virus Corona yang nantinya bisa disasar dengan obat. (Dk/Lnr)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
%d bloggers like this: