Serba-Serbi

Kata “Mudik” Banyak Dicari setelah Jokowi Sebut Mudik Beda dengan Pulang Kampung

Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih menjadi perbincangan publik pasca-pernyataannya berkaitan dengan mudik di tengah pandemi covid-19 dan pulang kampung berbeda.

Pernyataan itu ia lontarkan dalam wawancara eksklusif di acara Mata Najwa, Rabu malam (22/4). Saat itu, Najwa Shihab menanyakan perihal masyarakat yang sudah mencuri start ‘mudik’ di tengah pandemi covid-19 sebelum kebijakan larangan mudik ditetapkan.

Di situlah, Jokowi memberikan jawaban bahwa mudik dan pulang kampung berbeda. “Kalau itu bukan mudik. Itu namanya pulang kampung. Memang bekerja di Jabodetabek. Di sini sudah tidak ada pekerjaan, ya mereka pulang karena anak istrinya ada di kampung,” jelasnya.

Dalam cuplikan video pernyataan tersebut, Nana -sapaan akrab Najwa Shihab- sempat menanyakan perbedaannya. “Apa bedanya?” tanya Najwa.

“Kalau mudik itu di hari Lebaran. Kalau pulang kampung, itu bekerja di Jakarta pulang ke kampung,” jawab Jokowi.

Hal ini yang hingga sekarang masih diperbincangkan warganet. Bahkan kata mudik menjadi yang paling banyak dicari pengguna internet melalui laman Wikipedia.

Menurut Wikipedia, mudik atau pulang kampung adalah kegiatan perantau/pekerja migran untuk pulang ke kampung halamannya. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan, misalnya menjelang Lebaran.

Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan kepada orang tua. Transportasi yang digunakan antara lain pesawat terbang, kereta api, kapal laut, bus, dan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor, bahkan truk dapat digunakan untuk mudik.

Pagi ini, laman Wikipedia Indonesia bahkan sempat membuat revisi akan pengertian kata mudik. Perbedaannya terdapat pada kalimat pulang kampung yang dihapuskan. Namun, secara pengertian makna isi dari definisi mudik masih tetap sama.

Tapi, hal itu tak berselang lama. Sebab pengertian dari kata mudik dikembalikan pada definisi semula. Hal itu terlihat pada riwayat halaman yang sempat berganti beberapa kali.

Jika dimaknai secara definitif, yang membedakan kata mudik dan pulang kampung berada pada dua momen pelaksanaannya. Pulang kampung bisa dilakukan kapan saja. Misalnya ketika perantau merasa kangen kepada orang tuanya. Sedangkan tradisi mudik hanya berlaku di hari menjelang perayaan besar seperti Idul Fitri. (acf/hel)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: