Peristiwa

Satu Tambahan Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Madiun dari Klaster Ponpes Magetan

Angka pasien positif covid-19 di Kabupaten Madiun bertambah. Kini ada 14 pasien terkonfirmasi positif covid-19.

Pernyataan tersebut secara resmi diunggah melalui video singkat Bupati Madiun H Ahmad Dawami pada akun Instagram resmi milik Pemkab Madiun pada Selasa (12/05/2020).

Satu orang yang dinyatakan positif  berasal dari klaster salah satu pondok pesantren (ponpes) di Temboro, Magetan. Dari total pasien positif covid-19 di Kabupaten Madiun sebanyak 14 orang, yang dari klaster salah satu pondok pesantren Magetan berjumlah 9.

“Hari ini  (Selasa 12 April 2020) ada tambahan satu orang positif. Jadi, total sudah ada 14 orang yang positif. Tambahan hari ini merupakan klaster dari pondok pesantren di Magetan,” jelas Ahmad Dawami dalam video tersebut.

Sebelumnya, pada Jumat lalu (8/05/2020), Ahmad Dawami baru saja mengumumkan tambahan dua orang konfirmasi positif covid-19. Sehingga total saat itu ada 13 orang yang positif covid-19.

Total pasien positif covid-19 di Kabupaten Madiun dari dua klaster. “Untuk pasien positif corona dari klaster Asrama Haji Sukolilo (Surabaya) ada lima orang. Sedangkan klaster ponpes di Magetan ada sembilan orang,” kata Dawami.

Dari 14 pasien tersebut, tiga orang di antaranya telah dinyatakan sembuh dan 11 orang lainnya masih menjalani perawatan dan karantina di beberapa rumah sakit. Antara lain di RSUD Caruban dan Dolopo.

Melihat  penambahan tersebut, bupati yang akrab disapa Kaji Mbing itu mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin. “Saya meminta kepada masyarakat Kabupaten Madiun seluruhnya untuk disiplin dalam menggunakan masker, jaga jarak dalam komunikasi, dan tetap di rumah jika tidak ada kepentingan mendesak,” tandasnya.

Di bulan Ramadan ini, bupati juga mengimbau kepada anak-anak muda yang sering ngabuburit maupun nongkrong untuk mengurangi dan menghindari kegiatan tersebut guna memutus rantai penyebaran virus covid-19.

Selain imbauan tersebut, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Madiun juga turut melaksanakan pencegahan seperti penyemprotan disinfektan serta melibatkan pemerintah desa untuk melakukan pendataan pemudik yang masuk Kabupaten Madiun. Sejauh ini, hingga (12/05/2020) sudah ada 20.800 pemudik yang masuk Kabupaten Madiun.

Sementara, update covid-19 di Kabupaten Madiun,  ODR berjumlah  676 orang. Sedangkan ODP 316 orang, PDP 32 orang, positif 14 orang. (yd/hel)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: