Transportasi

Cegah Macet, Karo OPS Polda Jatim Minta Polisi Antisipasi Hari Kerja di Masa PSBB

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bertepatan dengan hari Minggu (17/5/2020) yang notabene merupakan hari libur. Penerapan pada hari pertama, arus lalu lintas menuju Kota Malang maupun di dalam Kota Malang nampak lenggang.

Jalanan protokol seperti Jalan Basuki Rahmat, Jalan JA Suprapto, Jalan A. Yani Utara, Jalan Panji Suroso, Jalan Sunandar Priyo Sudarmo dan Jalan Tumenggung Suryo nampak lenggang dan hanya dilewati beberapa kendaraan.

Jarang terlihat kendaraan besar maupun mobil-mobil pribadi luar kota yang melintas seperti hari biasanya.

Secara umum, PSBB hari pertama berjalan lancar dan belum nampak indikasi kemacetan di Kota Malang. Tapi, Karo OPS Polda Jatim, Kombes Pol Muhammad Firman meminta Polresta Malang Kota untuk mengantisipasi kemacetan pada hari Senin (18/5/2020) besok, dimana banyak pekerja yang masuk kerja.

“Saya tekankan pada anggota untuk antisipasi pada hari kerja. Hari ini masih kelihatan lancar karena bertepatan dengan hari libur,” ucap Muhammad Firman.

Lanjutnya, pada hari kerja, Polresta Malang Kota diharapkan bisa membuat kiat-kiat manakala terjadi lonjakan kendaran saat pemeriksaan agar tidak terjadi kemacetan. Sebab, saat hari kerja, besar kemungkinan terjadi lonjakan.

“Kalau banyak kendaraan otomatis akan terjadi kemacetan, dan ini harus diantisipasi. Jangan sampai saat Provos mengecek tapi menimbulkan kemacetan yang panjang,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolresta Malang Kota, Kombespol Leonardus Simarmata menjelaskan, perihal antisipasi kemacetan saat PSBB pihaknya telah menyiapkan dua lokasi berbeda untuk pengecekan.

“Jadi pengecekan dan pemeriksaan untuk roda dua dan roda empat lokasinya berbeda agar tidak terjadi kemacetan. Untuk penyemprotan juga disediakan tiang gawang untuk melakukan penyemprotan otomatis,” terangnya.

Selain itu, untuk antisipasi lainnya, pihaknya juga melakukan pemasangan banner-banner imbauan di wilayah pos Check Point agar masyarakat luar kota tidak memasuki Kota Malang sehingga PSBB berjalan lancar.

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d bloggers like this: