Otomotif

Semakin Tua, 11 Mobil Klasik Ini Harganya Capai Miliaran Rupiah

Semakin tua semakin mahal. Begitulah harga mobil klasik yang terus eksis menembus zaman. Terutama bila mobil itu orisinilitasnya masih tinggi, maka harganya pun akan semakin gila-gilaan.

Tidak ada yang dapat mematok secara resmi harga-harga mobil klasik. Pasalnya, mobil antik masuk dalam klangenan. Tak bisa diukur hanya dengan menariknya body, mesin, maupun aksesoris lainnya.

Nah, MalangTimes menyajikan beberapa mobil antik dengan nilai yang bisa membuat geleng kepala. Dikarenakan harganya bisa mencapai miliaran rupiah untuk satu unitnya.

Inilah 11 mobil klasik dengan harga miliaran rupiah yang diambil dari berbagai sumber.

1. Ferrari 250 GT SWB California Spider

Baru-baru ini, mobil cepat Ferrari pabrikan asal Italia tersebut dengan tipe Ferrari 250 GT SWB California Spider berwarna hitam laku di pasar lelang dengan harga USD 18,5 Million atau setara dengan Rp 259 Miliar. Itu pun dalam keadaan mesin mati total di pasar lelang artcurial motor cars di Paris.

2. Shelby Daytona Coupe 1964

Mobil cepat satu ini memiliki tingkat kelangkaan yang luar biasa. Shelby Daytona Coupe buatan tahun 1964 hanya dibuat sangat terbatas sekali jumlahnya yakni hanya 6 (enam) unit di seluruh dunia. Pada tahun 2015 satu unit mobil Shelby Daytona Coupe 1964 ini laku di pasar lelang dengan harga USD 4 Million atau setara dengan Rp 5,6 Milliar.

3. Lamborghini Miura P400S

Salah satu leluhur mobil supercar yang sangat terkenal sekali, yakni Lamborghini Miura P400S merupakan mobil buatan tahun 1966 hjngga tahun 1973. Pada Bulam Desember 2012 di Pasar Lelang, mobil yang sangat bersejarah tersebut dalam dunia supercar, para kolektor berani membayar dengan harga USD 5 Million atau setara dengan Rp 7 Milliar, meskipun mesin yang tidak komplit.

4. Ferrari 250 GTO

Lagi-lagi mobil supercar pabrikan Italia yakni Ferrari 250 GTO buatan tahun 1962 laku terjual pada tahun 2014 dengan harga USD 38.115 Million atau setara dengan Rp 533 Milliar yang didapatkan oleh kolektor asal Swiss. Mobil yang telah melegenda di dunia balapan dengan gelar juara ini, memiliki nomor rangka 3589 yang setelah ditelusuri pernah dipakai dan dimiliki oleh pembalap Mike Parts, membuat harga semakin melabung tinggi.

5. Aston Martin DB4 Convertible

Mobil pabrikan Inggris ini paling banyak diburu oleh para kolektor mobil klasik di dunia. Selain bentuknya yang unik, mobil Aston Martin dengan tipe DB4 Convertible hanya diproduksi sebanyak 70 unit saja diseluruh dunia. Pada tahun 2011, mobil ini dengan kondisi yang telah lama berada di sebuah gudang, di lelang dan laku terjual dengan harga 310.000 pounds atau setara dengan Rp 6,5 Milliar.

6. Mercy 300SL Alloy Gullwing

Salah satu mobil mewah buatan Merceds-Benz ini pada tahun 1955 hanya diproduksi sebanyak 29 unit saja. Salah satu unit mobil tersebut laku terjual di pasar lelang Amerikw Serikat dengan harga USD 20 Million atau setara dengan harga Rp 280 Milliar. Di Indonesia, Presiden ketiga BJ. Habibie merupakan salah satu orang yang berhasil memiliki mobil mewah dan limited edition dari pabrik Mercedes-Benz tersebut.

7. Maserati A6G Gran Sport

Mobil pabrikan Maserati tersebut sangat digandrungi oleh anak muda di zamannya. Mengusung tema mobil cepat, mobil tersebut diproduksi dan dipasarkan pada tahun 1957. Salah satu unit ditemukan di salah satu gudang tumpukan mobil rongsokan dan berhasil laku terjual di pasar lelang pada harga € 2.000.000 atau setara dengan Rp 31 Milliar.

8. Talbot Lago T26 Cabriolet

Meskipun bukan termasuk mobil sport atau mobil mewah di zamannya, tetapi salah satu unit Talbot Lago T26 Cabriolet yang ditemukan di gudang rongsokan, ternyata memiliki sejarah panjang yakni merupakan kendaraan Raja Mesir pada waktu itu yakni Raja Farouq. Mobil ini dilepas di pasar lelang pada harga € 1.900.000 atau setara dengan Rp 29 Milliar.

9. Mercedes-Benz 550K Caracciola

Salah satu mobil yang menjadi line-up mobil mewah pabrikan Mercedes-Benz yang diproduksi dengan sangat terbatas pada tahun 1935. Di Los Angles salah satu unit mobil ini terdapat di sebuah gudang rongsokan dan pada tahun 2001 laku terjual di pasar lelang dengan harga USD 1 Million atau setara dengan harga Rp 14 Milliar.

10. Bugatti Type 57S Atalante

Mobil Bugatti Type 57S Atalante merupakan nenek moyang dari mobil supercar Bugatti Veron. Diproduksi dengan jumlah yang sangat terbatas, mobil paling mewah di dunia tersebut hanya terdapat 17 unit saja di dunia. Salah satu unitnya di temukan di rumah tua yang pemiliknya sudah lama meninggal. Pada tahun 2009, mobil mewah tersebut terjual di pasarasa lelang dengan harga USD 4,4 Million atau setara dengan Rp 6 Milliar.

11. BMW M1

Mobil pabrikan Jerman yakni BMW M1 merupakan salah satu dari 11 mobil klasik termahal yang ada di dunia. Salah satu mobil langka dari BMW buatan pada tahun 1978 hingga 1981 ini, dibekali dengan mesin 6 silinder, bertenaga 277 PS dan dapat menempuh 260 kilometer per jam. Beberapa tahun lalu dengan kondisi yang setengah hancur dan beberapa part tidak lengkap lagi atau sudah hilang laku terjual di pasar lelang dengan harga Rp 1,6 Milliar.(ta/dn)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close