Pendidikan

Evaluasi PPDB 2020/2021, DPRD Kabupaten Blitar: Agar ke Depan Tak Ada Masalah

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar mendorong Dinas Pendidikan (Disdik) mengevaluasi kembali proses Peneriman Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021. Evaluasi ini agar tidak memutus harapan anak-anak berprestasi mendapatkan sekolah negeri.

Evaluasi terkait PPDB itu dilontarkan oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Susi Narulita, yang menyampaikan ke Disdik Kabupaten Blitar.

“PPDB ini dilaksanakan serentak secara nasional karena memang program dari kementerian. Tapi kami mendorong untuk dievaluasi lagi agar ke depan tidak ada masalah,” ucap Susi Narulita, Senin (29/6/2020).

Susi melanjutkan, beberapa waktu lalu pihaknya melalui Komisi IV baru saja melaksanakan monitoring Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP tahun ajaran 2020/ 2021 yang sudah dipastikan rampung. Salah satu sekolah yang dikunjungi dewan adalah SMPN 1 Srengat di Kecamatan Srengat.

Dari kunjungan itu, dewan mendapat pemaparan dari pihak sekolah. Agar ke depanya semakin baik, DPRD mendorong kepada Disdik agar terus melakukan perbaikan terhadap proses PPDB, mengingat PPDB sepenuhnya sudah dilakukan secara online.

“Selain itu, sosialisasi ditingkat SD harus digencarkan agar kepala sekolah SD mempunyai pemahaman yang utuh. Artinya, bisa mengarahkan untuk menempatkan anak didiknya ketika sudah lulus. Sehingga tidak ada kerancuan atau permasalahan anak SD yang lulus untuk masuk ditingkat selanjutnya,” imbuh Politisi Partai Amanat Nasional (PAN).

Sementara itu, Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter, Bidang Pembinaan SMP Disdik Kabupaten Blitar, Ismudiroh Trihidayati, menegaskan pihaknya menerima dengan baik masukan yang disampaikan DPRD Kabupaten Blitar.

“Sebelumnya kami memang telah melakukan serangkaian evaluasi. Dan setiap tahun sudah menyempurnakan program PPDB online. Bahkan untuk tahun ini PPDB jalur zonasi sudah online 100 persen. Sehingga harapannya PPDB tahun berikutnya akan lebih baik,” pungkasnya. (Ar/dn)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close