Ekonomi

Pengusaha Jasa Service di Jogjakarta Ini Berbagi Tips Bertahan saat Pendemi Covid

Pandemi Covid 19 memukul banyak sektor. Termasuk usaha jasa bengkel. Agar kegiatan usaha tetap bisa hidup, maka harus terus bergerak. Hal itu juga yang dilakukan oleh Suroyo pemilik bengke Roytek.

“Usaha jasa agar mampu bertahan di saat Covid dan New Normal adalah terus bergerak. Lakukan yang bisa dilakukan. Cari peluang dan kreatif, dan bangun malam untuk berdoa. Intinya cari cara agar dapur terus mengepul, dan tetap usaha dengan cara yang baik,” kata Suroyo, Pemilik Bengkel CV. Roytek Lestari kepada YogyakartaTimes saat berbagi kiat bertahan di saat wabah Covid.

Suroyo mengungkapkan bahwa bengkelnya juga terkena imbas Covid seperti usaha-usaha yang lain.

Namun ia tetap bersyukur karena bengkelnya yang terletak di Jl. Selokan Mataran, Puren, Condong Catur, Depok, Sleman selalu ada aktivitas. “Tetap selalu ada pelanggan yang menggunakan jasa service, hanya memang agak berkurang,” katanya.

Bengkel yang ia mulai sejak sekitar 20 tahun yang lalu tersebut melayani service AC, Kulkas, Mesin Cuci dan alat-alat elektronik lainnya. Selain itu, bengkelnya juga melayani jual beli barang elektronik peralatan rumah tangga.

Di masa New Normal saat ini, bengkelnya malah mendapatkan banyak order untuk perbaikan kulkas. Hal ini disebabkan beberapa usaha restoran atau kafe yang tidak buka di saat ‘lockdown’ mematikan kulkasnya, dan saat akan digunakan lagi mengalami kerusakan. “Setelah 2-3 bulan kulkas tidak digunakan dan dimatikan saat akan dihidupkan kembali pada saat new normal seperti ini seringkali mengalami masalah,” ungkap dia.

Bengkelnya memang bukan bengkel yang termasuk usaha besar. Masih termasuk usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM), namun sudah memberikan manfaat bagi pendidikan anak-anak magang dari SMK di sekitar Yogyakarta. Karena usaha bengkelnya itu juga, ia  pernah diminta menjadi juri Lomba Inovasi Kewirausahaan SMK se-DIY. Beberapa kampus dan perusahaan juga mengunakan jasanya dalam perawatan dan perbaikan AC. (luk/yah)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close