Hiburan, Seni dan Budaya

Mengenal Sosok Kiai Topo, Tokoh yang Babat Alas Desa Kidal-Tumpang

Jika berbicara soal peninggalan sejarah di Kabupaten Malang yang begitu banyak dan beragam, sepertinya tidak ada habisnya. Terlebih wilayah Kabupaten Malang yang begitu luasnya, menjadi saksi atas segala persitiwa bersejarah sejak zaman penyebaran agama, kerajaan hingga pertempuran merebut kembali kemerdekaan Rakyat Indonesia.

Seperti peninggalan sejarah yang berupa situs pemakaman Islam, yang hingga kini di sakralkan oleh masyarakat, yaitu situs pemakam Kiai Podo.

Sosok Kiai yang dikenal sebagai orang pertama yang membabat alas di wilayah Desa Kidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang ini sangat dihormati oleh masyarakat sekitar beserta anak turunnya yang telah merantau ke seluruh wilayah Indonesia.

Menurut salah satu pengelola situs pemakaman tersebut yakni Seger Basuki mengatakan, bahwa Kyai Podo merupakan ulama asal Demak, Jawa Tengah, yang membabat alas atau membuka jalan yang dahulunya hutan belantara pertama kali.

“Beliau adalah orang pertama kali mbabat alas (membuka jalan dengan menebang hutan) di sini. Kalau tahun pastinya kita nggak tahu, yang jelas sebelum era penjajahan,” ujarnya ketika dikonfirmasi pewarta, Rabu (22/7/2020).

Di dalam lokasi situs pemakaman tersebut, terdapat 9 makam yang ditandai dengan nisan dibungkus dengan kain kafan putih. Dari 9 makam tersebut salah satunya makam Kiai Podo yang terletak di bawah bangunan berupa pendapa yang tidak cukup tinggi berukuran sekitar 6×6 meter.

Basuki mengatakan, bahwa makam-makam tersebut merupakan sanak keluarga dari Kiai Podo yang turut serta dalam membantu proses membuka jalan di Desa Kidal sekaligus menyebarkan ajaran agama Islam.

“Di komplek pemakaman ini terdapat 9 makam. Salah satunya makam Kiai Podo dan yang lainnya makam keluarga dari Kiai Podo,” ungkapnya.

Makam tersebut juga sering dikunjungi oleh masyarakat sekitar ataupun dari luar kota untuk melakukan ziarah kubur dan berdoa di lokasi tersebut.

Basuki menuturkan, bahwa dalam peringatan hari lahir Desa Kidal, salah satu situs wajib yang pasti sangat ramai peziarah adalah Makam Kuai Podo. “Biasanya kalau ramai itu pas hari lahir Desa Kidal. Itu Makam Kiai Podo selalu ramai peziarah,” katanya.

Makam Kiai Podo termasuk dalam 5 situs yang di sakralkan oleh masyarakat sekitar yang berada di wilayah Desa Kidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Selain itu masih terdapat beberapa situs bersejarah dan di sakralkan salah satunya berupa candi.

Situs-situs tersebut selalu ramai dikunjungi pada saat momen perayaan hari lahir Desa Kidal maupun hari-hari besar lainnya. Para peziarah maupun pengunjung yang datang bertujuan untuk menghormati para leluhur dan ingin mencari tahu terkait peninggalan sejarah yang berada di Desa Kidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. (ta/dn)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close