Kesehatan

9 Nakes Positif Covid-19 Blitar Sembuh dari Total 40 Orang

Kabar baik datang dari Kabupaten Blitar. Sebanyak 9 dari total 40 tenaga kesehatan (Nakes) RSUD Ngudi Waluyo Wlingi dinyatakan sembuh dari Covid-19. Mereka terdiri dari 4 perawat, 2 tenaga administrasi dan 3 dokter.

Direktur RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, Endah Woro Utami, mengatakan, swab test kedua telah dilakukan dengan hasil negatif Covid-19. Dengan hasil test ini, kesembilan nakes saat ini diperbolehkan menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

“Sebelumnya mereka menjalani isolasi di rumah sakit selama 11 hari. Sekarang mereka diperbolehkan pulang untuk menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing setelah swab test kedua hasilnya negatif,” ungkap Woro, Rabu (29/7/2020).

Dia menambahkan, kasus positif Covid-19 yang dialami para nakes merupakan kasus konfirmasi tanpa gejala. Di mana sesuai SOP Kemenkes mereka dinyatakan sembuh setelah menjalani isolasi selama 14 hari.

“Setelah isolasi 14 hari sebenarnya mereka tidak harus menjalani swab test kedua, karena mereka tidak mengalami keluhan klinis. Namun swab test kedua tetap kami lakukan karena mereka membutuhkan dokumen yang menyatakan mereka negatif saat kembali ke lingkungan masing-masing. Nah, setelah swab test kedua ternyata meski belum isolasi 14 hari hasilnya mereka sudah dinyatakan negatif,” paparnya.

Lebih dalam Woro menyampaikan, pihaknya saat ini tengah melakukan evaluasi untuk ke-31 nakes lainnya. Rencananya sebagian akan dipulangkan untuk menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

“Tracing tetap kita lakukan untuk memastikan tidak ada lagi nakes yang positif covid-19. Ini kami lakukan untuk menciptakan ketenangan dan keamanan bagi masyarakat untuk berobat ke rumah sakit kami,” pungkasnya. (Ar/dn)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close