Serba-Serbi

Demi Kelancaran Beribadah Haji, Arab Saudi Siapkan Teknologi Canggih

Demi kelancaran Ibadah haji 2020 di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Arab Saudi telah menyiapkan teknologi canggih di Kakbah.

Dilansir melalui The Washington Post, dikabarkan petugas telah melakukan persiapan terakhir di Kakbah pada Selasa (28/7/2020).

Dikabarkan jika Amr Al-Maddah, kepala perencanaan di Kementerian Haji, membantu memasukkan teknologi terbaru ke dalam ziarah seperti pemindai panas dan kartu identitas elektronik.

“Saat ini, teknologi adalah kuda hitam kami untuk mengembangkan seluruh perjalanan haji,” kata al-Madda.

Ia lantas menegaskan, jika kesehatan dan nyawa para jamaah haji merupakan prioritas utama. Arab Saudi sangat menginginkan ibadah bisa bebas dari infeksi virus Covid-19.

“Kami mengambil setiap langkah yang mungkin untuk memastikan bahwa haji ini akan berakhir dengan nol kasus COVID-19 dan juga dengan nol kematian dalam jumlah total haji kami,” tegas al-Maddah.

Tak seperti tahun-tahun biasanya, di tahun 2020 ini Arab Saudi hanya membatasi jemaah haji 1.000 hingga 10.000 orang. Mereka pun tentunya sudah menjalani tes Covid-19 dan diminta melakukan isolasi mandiri di kamar hotel di Makkah.

Bahkan sebelum memasuki area Makkah, mereka diberi gelang oleh Kementerian Kesehatan Saudi. Gelang tersebut untuk memantau pergerakan mereka dan memastikan karantina wajib dilakukan dan diperhatikan.

Untuk pemindai sendiri disiapkan Arab Saudi di seluruh situs suci untuk membantu suhu orang. Demi menghindari kerumunan, setiap peziarah akan dikelompokan yang berisi sekitar 20 orang.

Nantinya pemimpin kelompok akan membimbing mereka dalam seluruh proses haji. Sementara, di lokasi Nabi Muhammad menyampaikan khotbah terakhirnya yakni Gunung Arafat, peziarah wajib menggunakan kartu ID teknologi tinggi.

Kartu tersebut nantinya akan terhubung pada ponsel mereka. Kartu ID tersebut bahkan bisa  informasi pribadi peziarah, status kesehatan, tempat tinggal, dan perincian terkait haji lainnya. (dk/dn)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close