Pemerintahan

Pemkot Blitar Salurkan 36 Hewan Kurban dalam Idul Adha

Hari raya Idul Adha pada tahun ini terasa berbeda. Selain tidak ada ibadah haji seperti tahun-tahun sebelumnya, pandemi Covid-19 membuat Idul Adha tahun ini terasa kurang meriah. Namun demikian, masih banyak kalangan yang berkurban tahun ini. Diantaranya Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar yang melaksanakan ibadah kurban dengan menyembelih 36 ekor hewan. 36 hewan ini terdiri dari 1 ekor sapi dan 35 ekor kambing.

Kepala Bagian Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Blitar Subandi menyampaikan, menyembelih hewan kurban sudah menjadi agenda tahunan Pemkot Blitar di perayaan hari raya Idul Adha.

Dari 36 ekor hewan kurban, rencananya 1 ekor sapi akan diserahkan Wali Kota Blitar Santoso kepada takmir Masjid Agung Kota Blitar. Sedangkan 35 ekor kambing akan disebar diberbagai masjid dan mushola yang ada di Kota Blitar. 36 ekor hewan kurban ini pengadaannya bersumber dari APBD Pemkot Blitar Tahun 2020.

“Penyembelihan hewan kurban akan menjadi tanggung jawab pengurus masjid maupun mushola, baik melalui Rumah Penyembelihan Hewan (RPH) atau disembelih oleh panitia kurban sendiri,” ungkap Subandi dilansir BLITARTIMES dari laman situs resmi Pemkot Blitar, Kamis (30/7/2020).

Selain 36 ekor hewan kurban yang bersumber dari APBD, Pemkot Blitar juga mengkoordinir ASN di OPD Pemkot Blitar untuk melakukan amaliyah. Berdasarkan sumber saat berita ini diturunkan, uang yang terkumpul telah dibelikan 9 ekor kambing. Subandi memastikan masih membuka amaliyah bagi ASN yang ingin memberikan uang semampunya hingga H-1 Idhul Adha.

“Kita juga ada amaliyah dari OPD Kota Blitar sudah terkumpul dan sampai saat ini dibelikan 9 kambing,” paparnya.

Lebih lanjut Subandi menyampaikan, dalam penyembelihan hewan kurban Pemkot Blitar mengimbau kepada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Kami imbau masyarakat untuk penyembelihan hewan kurban agar tetap menerapkan protokol kesehatan. Seperti menggunakan kaos lengan panjang, memakai masker atau face shield, menjaga jarak, serta mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir,” pungkasnya.

(Ar/dn)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close