Pendidikan

Sembelih 2 Ekor Sapi, Unikama: Bentuk Kewajiban Walau pada Masa Pandemi

Dampak pandemi Covid-19, sangat dirasakan efeknya oleh masyarakat dan instansi, termasuk Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama). Tapi, dampak itu tak mengurangi niatan Unikama untuk turut berbagi dengan ikut serta berkurban di Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah.

Meskipun berbeda secara jumlah hewan yang dikurbankan dengan tahun sebelumnya, tapi kewajiban berbagi di momen suci umat Islam ini tetap dijalankan. Unikama menyembelih 2 ekor sapi di Iduladha di tahun 2020 ini.

“Tahun ini Unikama menyembelih dua ekor hewan kurban berupa sapi yang diperoleh dari pimpinan, dosen dan karyawan. Sedangkan di tahun sebelumnya kita bisa sampai empat ekor sapi. Ini karena kondisi covid jadi berpengaruh” terang Ketua panitia peringatan Iduladha Nanang Puji Astika, M.Pd.

Namun meskipun begitu, kendati pandemi sedikit berdampak, berkurban tetap saja merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim yang mampu. Sebab dengan berkurban mampu juga untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, serta mengajarkan untuk berbagi dengan merasakan indahnya kebersamaan.

“Hewan kurban nantinya akan dibagi menjadi 400 paket.  Daging kurban nantinya akan didistribusikan dan dibagikan ke masyarakat sekitar Unikama, termasuk juga panti asuhan, pedagang kaki lima, dan semua karyawan yang ikut kegiatan pemotongan hewan hari ini,” jelasnya.

Ke depan ia berharap, agar penyembelihan hewan kurban ini dapat istiqomah dan terus dilaksanakan. Sehingga Unikama bisa terus ikut berbagi terhadap sesama ataupun masyarakat sekitar.

“Berapapun jumlah hewan kurbannya, jika memungkinkan bisa bertambah jumlahnya,” terangnya.

Dalam kegiatan pemotongan hewan kurban, panitia tetap menerapkan protokol kesehatan. Karyawan dan petugas yang terlibat dalam pelaksanaan pemotongan hewan juga melalui  pengukuran suhu dan diwajibkan menggunakan masker.

Sementara itu, disampaikannya juga, jika dalam peringatan Hari Raya Iduladha kali ini, di kampus Unikama tidak digelar salat Ied yang biasanya dilaksanakan di tengah halaman kampus Unikama. Hal itu lantaran memang dikarenakan adanya pandemi Covid-19.

“Mulai Idul Fitri sampai Iduladha kami belum berani menyelenggarakan dikarenakan mengumpulkan masa banyak. Sehingga diimbau untuk dosen dan karyawan dapat melaksanakan salat di rumah masing-masing,” pungkas pria yang juga menjabat Ka. Biro Administrasi Umum ini.

(as/dn)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close