Serba-Serbi

Lomba Bonsai PPBI Ngawi, Pesertanya Dalam dan Luar Kota

Kejuaraan bonsai tingkat nasional bertajuk uji kreasi edukasi pengenalan seni bonsai yang diselenggarakan Persatuan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Ngawi, menampilkan ratusan tumbuhan kerdil.

Setidaknya 350 lebih tanam bonsai mengikuti kejuaraan yang diselenggarakan mulai 12 hingga 16 September 2020. Selain dari tuan rumah Ngawi, para peserta juga berasal dari Bondowoso, Bojonegoro, Pacitan dan Jakarta.

“Banyak peserta yang ikut berasal dari luar Ngawi. Mereka sudah jauh-jauh hari datang di lokasi kejuaraan” kata Hari, panitia penyelenggara lomba bonsai.

Kejuaraan bonsai ini sendiri mempertandingkan tiga kategori. Yakni prospek, semi jadi dan jadi bonsai. Sedang aneka ragam jenis tumbuhan bonsai yang turut tampil, seperti Pohon Serut, Asam Saraf, Bogenvil, Santigi, Fikus, Pusu Bulu, Loa, Lohangsung, Asoka, Anting Putri.

Event yang dilaksanakan di salah satu tempat wisata di ke5camatan Jogorogo, ini melibatkan juri nasional dari PPBI, agar penilaian lebih jujur dan netral. Serta tentunya penilaian jauh lebih independen.

Untuk juara satu mendapatkan trofi, piagam dan uang pembinaan. Sedangkan juara dua dan tiga hanya mendapatkan trofi dan piagam.

“Banyak aneka ragam jenis pohon bonsai langka turut tampil” jelas Hari.

Adapun tujuan event untuk perkenalkan seni bonsai ke masyarakat menuju Ngawi sebagai kota wisata bonsai dan tentunya jadi pusat pemasaran atau jual beli bonsai. (sr/dn)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: