Pendidikan

Kontribusi Mahasiswa KKN Unikama pada Dunia Pendidikan di MAsa Pandemi

Wujud pengabdian terhadap masyarakat, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) kelompok 04 melakukan langkah nyata dalam berkontribusi pada dunia pendidikan.

Ya, kontribusi itu dilakukan para mahasiswa kampus Multikultural itu dengan melakukan pendampingan kepada guru untuk proses pembelajaran secara online di Desa Krebet, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang.

Seperti diketahui, di masa pandemi covid 19, saat ini tengah diterapkan pembelajaran secara daring. Pembelajaran ini dilakukan lantaran sesuai instruksi pemerintah dalam upaya memutus mata rantai Covid 19. Hal itu mau tak mau membuat para guru harus membuat materi pembelajaran yang mudah dipahami dan disuguhkan kepada para siswa untuk belajar dirumah.

Karenanya untuk semakin mempermudah para guru dalam membuat materi pembelajaran, Mahasiswa KKN Unikama kelompok 4 melakukan pendampingan membantu guru untuk bagaimana membuat sebuah video ataupun materi pembelajaran yang kreatif dan tidak membosankan untuk siswa.

Selain itu, dengan video atau materi pembelajaran yang menarik, tentunya akan membuat para siswa semakin bersemangat untuk belajar, termasuk juga dalam proses pemahaman materi akan semakin mudah.

“Kami melakukan pelatihan ini agar pembelajaran online yang diterapkan tidak hanya monoton menggunakan media berupa buku tulis ataupun majalah, peserta didik juga akan mendapatkan kegiatan belajar yang lebih variatif ketika belajar dari rumah,” terangnya Fia, salah satu anggota kelompok 04 dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Irma Tyasari, SE.,S.Pd., MM., Ph.D,.

Novita selaku penanggungjawab model pembuatan video kreatif mengungkapkan, jika pembuatan video kreatif ini dilakukan terlebih dahulu oleh mahasiswa sebagai contoh kepada guru lembaga sekolah.

“Dibuat dulu oleh teman-teman dan ditujukan kepada guru, setelah cocok nantinya akan diberikan kepada peserta didik sesuai dengan materi dari tema pembelajaran,” jelasnya

Disisi lain, Nurul Masruroh Aini selaku Kepala Sekolah KB-TK Tunas Bangsa menambahkan, dengan pendampingan dan pelatihan yang dilakukan mahasiswa KKN Unikama ini, tentunya akan banyak dampak positif yang bisa diambil dan diaplikasikan dalam proses pembelajaran.

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan dan pengetahuan guru serta pelatihan ini juga memberi arahan bagaimana cara menggunakan media pembelajaran via Zoom,“ ujarnya.

Ia berharap, setelah dilakukan pendampingan dan pelatihan, para guru bisa semakin kreatif dalam pembuatan media pembelajaran yang tidak monoton. Selain itu, diharapkan guru juga bisa mengembangkan kemampuannya dibidang teknologi.

“Ini sangat membantu para guru yang belum melaksanakan kegiatan daring menggunakan aplikasi zoom karena selama ini hanya mengandalkan grup WhatsApp sekolah,”pungkasnya. (as/dn)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d bloggers like this: