Agama

Melihat Gunung Bersejarah Tempat Nabi Ibrahim Membangun Ka’bah

Arab Saudi menjadi negara yang banyak memiliki sejarah-sejarah berdirinya agama Islam. Banyak masyarakat di dunia yang berkeinginan datang ke Arab Saudi untuk melakukan ibadah haji dan umrah serta bertakziah ke tempat-tempat bersejarah Islam.

Selalu ada tempat menarik yang patut dibahas untuk mengerti bagaimana awal mula agama Islam. Salah satunya yakni keberadaan Jabal Abi Qubais yang merupakan tempat bersejarah.

Jabal Abi Qubais memiliki kisah tersendiri bagi awal mula berdirinya kabah. Dipantau melalui tayangan channel YouTube Alman Mulyana, terlihat suasana Jabal Abi Qubais yang tampak kotor karena banyak sampah.

Kendati demikian dari Jabal Abi Qubais bisa dilihat pemandangan Masjidil Haram yang begitu indah dan megah. Bahkan, terlihat juga dari Jabal Abi Qubais rumah peninggalan Nabi Muhammad SAW serta makam keluarganya.

Selain itu, di Jabal Abi Qubais juga terdapat reruntuhan bekas bangunan rumah. Lantaran di bukit Jabal Abi Qubais dulunya merupakan pemukiman warga.

Namun dijelaskan oleh Alman, rumah-rumah warga itu kini dihancurkan karena untuk memperluas Masjidil Haram. Nantinya akan dibangun juga hotel mewah di dekat Masjidil Haram.

Lantas bagaimana kisah awal mula berdirinya kabah dari Jabal Abi Qubais ini? Diketahui, kabah dibangun pertama kali oleh Nabi Ibrahim AS.

Nabi Ibrahim AS merupakan salah satu nabi kesayangan Allah SWT. Bahkan, penghormatan untuk Ibrahim disebutkan dalam Al-Quran sebanyak tiga puluh lima kali dan lima belas diantaranya terdapat di surat Al-Baqarah.

Hingga akhirnya salah satu keistimewaan Nabi Ibrahim AS ialah dijadikannya ia sebagai orang pertama yang membangun Kabah yang dibimbing langsung oleh Allah SWT.

Menurut riwayat dari Tsa’labi, bahwasannya ketika Allah SWT memerintahkan Ibrahim membangun kabah, Allah utus padanya awan berwarna putih yang membentuk persegi empat.

Allah SWT lalu berfirman: “Wahai Ibrahim bahwa bangunan kabah itu sebagaimana bentuk awan putih itu, dan ini hanya sebagai gambaran buat nabi Ibrahim”

Hingga akhirnya menurut riwayat Al-Kusai bahwasannya: saat Ibrahim membangun kabah terdengar seruan dari Jabal Abi Qubais yang berbunyi: “Wahai Ibrahim, bersamaku ada titipan buatmu, dan ambillah titipan itu”.

Mendengar itu Ibrahim pun mendekati Jabal Abi Qubais dan tiba-tiba gunung itu membelah dan mengeluarkan sebuah batu hitam.

Karena saat itu Nabi Nuh AS ketika keluar dari bahteranya setelah badai topan, ia menitipkan batu itu pada gunung Abi Qubais.

Oleh sebab itu, Allah memerintahkan agar Jabal Abi Qubais menerima sebagai titipan. Batu itu ialah “Hajar Aswad”.

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d bloggers like this: