Pemerintahan

Pesan Wali Kota Blitar saat Serahkan Bantuan PIP ke Ribuan Siswa

Ribuan siswa tingkat SD, SMP, SMA dan SMK di Kota Blitar mendapat bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2020 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud RI). Bantuan PIP itu diserahkan secara simbolik dalam bentuk tabungan oleh Wali Kota Blitar Santoso, di Gedung Balai Kota Koesoemo Wicitro, Kota Blitar, Selasa (22/9/2020).

Dilaporkan dalam kegiatan tersebut jumlah penerima bantuan PIP di Kota Blitar dengan rincian, siswa SD tahun 2019 sebanyak 4.517 siswa, tahun 2020 sebanyak 2.599 dan kuota tambahan sekitar 620. Untuk siswa SMP tahun 2019 sebanyak 2.666, tahun 2020 sebanyak 1.762 siswa. Sementara siswa SMA sederajat sebanyak 289 penerima.

Dalam sambutannya, Santoso mengatakan, bantuan PIP yang diberikan selain membantu untuk meringankan biaya dan kebutuhan sekolah, juga diharapkan dapat memotivasi para siswa untuk lebih giat lagi belajar. Terutama di masa darurat pandemi Covid-19 saat ini kegiatan belajar mengajar masih dilakukan secara daring.

“Pertama tentu wajib kita syukuri, karena Kota Blitar sendiri mendapat jatah yang cukup banyak bila dibanding daerah lain. Terutama upaya yang dilakukan oleh Yayasan Bagus (Barisan Guruh Soekarno Putra) yang mana melalui relawannya telah menghimpun beberapa usulan yang direalisasikan hari ini. Dari jumlah usulan 2.450, Alhamdulillah ada penambahan di tingkat SMA. Khususnya SMA 2, SMA 3 dan SMA 4 Kota Blitar,” kata orang nomor satu di Kota Blitar tersebut.

Santoso menambahkan, para penerima PIP di Kota Blitar patut bangga. Pasalnya, selain sekolah di Kota Blitar gratis tanpa dipungut biaya, tak semua siswa mendapat bantuan tersebut. Bahkan tak semua daerah kebagian program dari pemerintah pusat itu.

“Saat ini sekolah di Kota Blitar itu enak. Enak karena sudah tidak dipungut biaya sama sekali. Bahkan ini pemerintah pusat menggulirkan PIP.  Maka dari itu tidak ada alasan lagi untuk mengeluh tak bisa sekolah gara-gara tak punya biaya untuk sekolah. Maka, bantuan PIP ini harap digunakan dengan sebaik-baiknya,” tambah Santoso.

Selain itu, untuk memajukan pendidikan, Pemkot Blitar sendiri juga tak tinggal diam. Untuk membantu sekolah daring sudah dianggarkan dana pembelian kuota internet bagi siswa TK hingga SMP. Ini bukti kepedulian Pemkot Blitar kepada dunia pendidikan.

“Untuk meringankan biaya sekolah melalui daring, Pemkot Blitar juga tidak tinggal diam. Tahun depan, Pemkot Blitar pun sudah mempunyai program pemasangan wifi gratis di setiap sudut RT di Kota Blitar. Oleh karena itu kita berharap agar para siswa penerima bantuan memanfaatkan tabungan tersebut dalam rangka menunjang kegiatan belajar mengajar bagi siswa,” tegasnya.(Adv) (ar/dn)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d bloggers like this: