Pemerintahan

TNI Gelar Ziarah Nasional ke Makam Bung Karno dalam HUT ke-75

Pandemi Covid-19 membuat ziarah nasional dalam rangka HUT TNI ke-75 digelar dalam suasana berbeda. Ya, sebagaimana diketahui, ziarah nasional HUT TNI ke makam Presiden Pertama RI Ir Soekarno di Kota Blitar menjadi agenda tahunan dalam beberapa tahun terakhir.

Tahun ini agenda ziarah nasional HUT TNI tetap dijalankan. Berbeda dengan ziarah di tahun-tahun sebelumnya yang dipimpin langsung Panglima TNI, ziarah edisi kali ini dipimpin Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah, Rabu (23/9/2020).

Pantauan BLITARTIMES, Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah tiba di areal makam Bung Karno sekitar pukul 07.30 WIB. Agenda ini dilaksanakan sangat terbatas untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Ziarah nasional ini dalam rangka HUT TNI ke-75. Ziarah kita laksanakan secara protokol kesehatan yang sangat ketat, sehingga pesertanya sangat terbatas,” ungkap Widodo ditemui awak media usai memanjatkan doa dan tabur bunga di pusara makam Bung Karno.

Dikatakannya, masa pandemi TNI tetap melaksanakan ziarah ke makam Bung Karno. TNI tetap memberikan penghormatan kepada Presiden Soekarno sebagai Presiden pertama RI dan proklamator kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

“Pandemi tidak menyurutkan TNI memberikan penghormatan kepada Presiden Soekarno. Kegiatan ini sudah tradisi, tidak bisa ditinggalkan. Hanya pelaksanaanya saja sedikit berbeda karena pandemi,” paparnya.

Sekedar diketahui, ziarah nasional ke makam Bung Karno merupakan tradisi yang telah dilakukan TNI sejak 2017 lalu. Tradisi ini digelar setiap menjelang HUT TNI yang jatuh pada 5 Oktober. TNI melestarikan tradisi ini untuk mengingat jasa-jasa panglima tinggi pendahulu, salah satunya Presiden Pertama RI Bung Karno.  (Ar/dn)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d bloggers like this: