Politik

Nomor Urut Paslon Pilkada Kabupaten Blitar Resmi Disahkan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar menggelar pengundian nomor urut pasangan calon (paslon) pilbup, Kamis (24/9/2020). Dalam rapat pleno terbuka yang digelar oleh KPU Kabupaten Blitar, ditetapkan pasangan Rijanto-Marhaenis Urip Widodo sebagai Paslon nomor urut 1. Sedangkan Rini Syarifah (Mak Rini) – Rahmat Santoso (Makdhe Rahmat) sebagai Paslon nomor urut 2.

Nomor urut dimaknai berbeda oleh masing-masing paslon. Di kubu Mak Rini-Rahmat Santoso, nomor urut bukanlah hal yang penting. Bagi paslon ini yang terpenting  adalah menang di Pilkada Kabupaten Blitar dan menyejahterakan masyarakat melalui perubahan.

“Ya kalau boleh memaknai nomor, kalau 1 itu artinya 1 periode. Dan kalau 2 itu artinya tentu 2 periode. Tapi nomor itu bagi kami tidak penting. Yang terpenting target kita menang dan membawa perubahan untuk Kabupaten Blitar,” ungkap Mak Rini.

Di kubu petahana, Rijanto-Marhaenis memaknai nomor 1 adalah nomor keberuntungan. Artinya, pasangan dengan jargon “Rido Tur Apik” bakal memimpin Kabupaten Blitar satu kali lagi.

“Bagi kami nomor 1 adalah nomor keberuntungan. Artinya, satu kali lagi kami akan mengabdikan diri kepada masyarakat Kabupaten Blitar. Semoga atas kehendak Allah cita-cita kita bakal terwujud. Bersama-sama kita wujudkan kemenangan untuk Kabupaten Blitar yang maju dan berdaya saing,” tegas Rijanto.

Setelah pengundian nomor urut paslon, KPU Kabupaen Blitar bersama-sama dengan Bawaslu, kedua paslon, tim pemenangan dan aparat TNI-Polri menggelar deklarasi Pilkada damai di halaman kantor KPU Kabupaten Blitar. Deklarasi damai ditandai dengan pelepasan burung merpati sebagai simbol perdamaian.

Sekedar diketahui pasangan petahana Rijanto-Marhaenis diusung 6 partai politik yakni PDI Perjuangan, Nasdem, Demokrat, Golkar, Gerindra dan PPP. Sementara Mak Rini-Makdhe Rahmat diusung tiga partai yakni PKB, PAN dan PKS.  (ar/dn)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: