Otomotif

Tips Rawat Ban Kendaraan, Jangan Lupa Perhatikan Segitiga Ini

Bagi para pemilik kendaraan bermotor, baik sepeda motor maupun mobil, ban merupakan komponen penting. Karenanya, ban harus dalam kondisi baik sehingga bisa menghindarkan adanya insiden kecelakaan seperti halnya terjatuh lantaran ban selip.

Untuk itu, sebelum berkendara para pemilik kendaraan diharapkan untuk memperhatikan, melihat dan memahami tanda atau kode waktu yang tepat dalam melakukan penggantian ban kendaraan. Terkadang orang masih saja salah kaprah, menunggu ban botak baru kemudian dilakukan penggantian.

Padahal pihak pabrikan ban, telah memberikan tanda khusus waktu yang tepat dalam mengantikan ban. Tanda tersebut berupa bentuk segitiga atau yang disebut dengan TWI (Tread Wear Indicator).

Trainee Sentul Driving Course, Setia Purnama, menjelaskan, jika pada setiap ban kendaraan memang telah diberikan tanda TWI. Tanda tersebut pada ban bisa ditemukan pada sisi samping ban atau side wall. Tanda tersebut umumnya terdiri dari enam TWI pada side wall.

“Tanda tersebut berbentuk sebuah segitiga. Biasanya bentuknya kecil ada ada beberapa buah tanda pada setiap sisi ban. Segitiga TWI menandakan adanya atau Wear Bar di bagian telapak ban yang posisinya segaris dengan segitiga TWI tersebut,” jelasnya.

Untuk mengetahui apakah ban sudah dalam waktu yang tepat untuk ganti atau belum, pemilik kendaraan bisa menarik garis lurus dari tanda TWI di side wall ke tengah ban. Akan terdapat tonjolan yang disebut dengan wear bar yang terletak ada pada alur ban dan mempunyai ketinggian sekitar  1,6 mm sampai 1,8 mm dari permukaan telapak ban.

Bilamana, tonjolan atau wear bar tersebut sudah telah sejajar dengan telapak ban, maka di sinilah waktu yang tepat untuk ban harus dilakukan penggantian. Artinya ban dalam penggunaannya telah sampai pada batas maksimal.

“Harus segera diganti jangan menunggu sampai ban botak, malah akan bahaya saat digunakan,” pungkasnya.

(As/Lnr)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d bloggers like this: