Hiburan, Seni dan Budaya

Perbolehkan Nonton Film G30S/PKI, Mahfud MD: Hukumnya Mubah

Masuk akhir September, perdebatan soal penayangan film sejarah G30S/PKI kembali muncul di tengah masyarakat. Pro kontra pun terjadi setelah film G30S/PKI itu ditayangkan di salah satu stasiun televisi nasional.

terkait hal itu, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD memberikan tanggapan. Mahfud MD menyebut jika menonton film G30S/PKI hukumnya adalah mubah. Hal itu disampaikannya melalui cuitan akun Twitternya.

“Pemerintah tidak melarang atau pun mewajibkan untuk nonton film G 30 S/PKI tersebut. Kalau pakai istilah hukum Islam mubah. Silakan saja,” kata Mahfud MD, yang dikutip dari cuitannya di akun Twitter resminya, @mohmahfudmd.

Mubah sendiri jika dalam Islam hal itu boleh, tetapi lebih condong dianjurkan untuk tidak dilakukan. Oleh sebab itu, Mahfud meminta agar masyarakat tidak usah ribut mempersoalkan penayangan G30S/PKI.

Karena kata Mahfud, pemerintah sendiri tidak melarang bagai televisi mana pun yang ingin menayangkan film sejarah tersebut. Hal itu semua, kata Mahfud tergantung kepada pemegang hak siar masing-masing televisi.

“Mengapa soal pemutaran film Pengkhianatan G 30S/PKI diributkan? Tidak ada yang melarang nonton atau menayangkan di TV. Mau nonton di Youtube juga bisa kapan saja, tak usah nunggu bulan September. Semalam saya nonton lagi di YouTube. Dulu Menpen Yunus Yosfiyah juga tak melarang, tapi tidak mewajibkan,” ujar Mahfud.

Sebelumnya, film G30S/PKI ini sendiri kembali menjadi perbincangan usai disinggung oleh mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo. Gatot mengklaim jika dirinya dicopot dari jabatan gara-gara menginisiasi acara nonton bareng film G30S/PKI tersebut.

“Pada saat saya menjadi panglima TNI, saya melihat itu semuanya, maka saya perintahkan jajaran saya untuk menonton film G30S PKI. Pada saat itu, saya punya sahabat dari salah satu partai, saya sebut saja Partai PDI, menyampaikan, ‘Pak Gatot, hentikan itu, kalau tidak pasti Pak Gatot akan diganti’,” kata Gatot di tayangan channel YouTube Hersubeno Point. (Dk/Lnr)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: