Politik

Sodikul Amin Minta PDI Perjuangan Segera Usulkan Nama Ketua DPRD Definitif

Roda kepemimpinan di DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Malang telah berganti sejak tanggal 23 September 2020. Ketika Didik Gatot Subroto yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Malang, memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai syarat dalam mengikuti kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Malang 2020.

Dalam rapat paripurna pemberhentian Ketua DPRD Kabupaten Malang, Didik Gator Subroto telah diputuskan dalam rapat terbatas oleh wakil ketua dengan memilih politisi Partai NasDem Sodikul Amin sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPRD Kabupaten Malang.

Sodikul mengatakan bahwa keputusan ditunjuknya dirinya sebagai Plt Ketua DPRD Kabupaten Malang memerlukan waktu beberapa jam, karena banyak dinamika yang terjadi di forum wakil ketua.

“Rapat internal dilakukan di hari yang sama sebelum proses pengunduran diri Ketua DPRD Kabupaten Malang sebelumnya. Akhirnya diputuskan saya sebagai Plt,” ungkapnya ketika dihubungi melalui saluran telepon.

Tak lupa Sodikul juga menyebutkan bahwa mekanisme pemilihan Plt Ketua DPRD Kabupaten Malang telah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota pada Pasal 36 ayat (4).

Pada Pasal 36 ayat (4) berbunyi “Dalam hal Ketua DPRD berhenti dari jabatannya, para wakil ketua menetapkan salah seorang diantaranya untuk melaksanakan tugas ketua sampai dengan ditetapkannya ketua pengganti definitif.

Terkait posisi dirinya selaku politisi NasDem yang menempati posisi sebagai Plt Ketua DPRD Kabupaten Malang yang ditinggalkan oleh politisi PDI Perjuangan, Sodikul mengatakan bahwa itu sudah sesuai dengan aturan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018.

“Untuk teknisnya sudah sesuai dengan peraturan dan teman-teman wakil ketua yang lain akhirnya menunjuk saya, meskipun terjadi dinamika didalamnya,” ujarnya.

Pria yang berdomisili di Pujon ini juga menuturkan bahwa jabatan Plt Ketua DPRD Kabupaten Malang merupakan amanah yang berat. Maka dari itu dirinya pun berharap agar PDI Perjuangan segera mengeluarkan nama pengganti Didik Gatot Subroto sebagai Ketua DPRD Kabupaten Malang definitif.

“Kami menunggu usulan dari partai politik dalam hal ini PDI Perjuangan untuk mengusulkan ke DPRD untuk posisi ketua definitif. Seyogyanya untuk segera mengusulkan siapa penggantinya,” ujarnya.

Sodikul beralasan karena mendapatkan amanah sebagai Plt Ketua DPRD Kabupaten Malang merupakan tugas dan tanggung jawab yang berat. Meskipun dalam pelaksanaan tugasnya, tetap mengedepankan kolektif kolegial dalam megambil keputusan.

“Sesuai dengan prinsipnya dalam pengambilan keputusan di DPRD mengacu pada prinsip kolektif kolegial,” tuturnya. (ta/dn)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: