Tekno

6 Fitur Instagram di Ultah ke-10, Seperti Apa?

Pada Selasa (6/102020) kemarin Instagram merayakan hari ulang tahunnya yang ke-10. Di hari ulang tahun tersebut, Instagram meluncurkan berbagai fitur baru.

Salah satunya yakni fitur stories map yang membuat pengguna bisa melihat lagi stories yang sudah mereka bagikan selama tiga tahun belakangan ini.

Ada juga fitur IGTV shopping yang sudah tersedia bagi pengguna iOS dan Android.

Setidaknya terdapat enam fitur baru yang diluncurkan media sosial terpopuler ini, berikut rangkumannya:

1. Ubah ikon Instagram sendiri

Instagram menyediakan ikon aplikasi yang bisa diubah sendiri (custom).

Dengan fitur tersebut, pengguna bisa mendesain sendiri tampilan di home screen Instagram. Pengguna bisa memilih ikon aplikasi apakah itu akan bernuansa oranye, kuning, hijau, ungu, hitam, putih, dan lainnya.

Ada juga ikon Pride berwarna pelangi yang membuat pengguna bisa memilih ikon lawas Instagram jika ingin bernostalgia dengan tampilan lawas.

Cara merubah ikon:

Berikut ini cara mengubah ikon Instagram langsung dari aplikasi.

1. Perbarui aplikasi Instagram ke versi paling terbaru

2. Masuk ke profile, buka setting

3. Scroll ke bagian kanan atas lalu temukan anak panah

4. Scroll terus hingga muncul deretan emoji

5. Setelah scroll, akan muncul deretan belasan ikon Instagram

6. Pilih ikon sesuai keinginan, dan ikon akan otomatis berubah.

Celebrate With Us
Foto Instagram

2. Stories map

Fitur Stories Map baru memperkenalkan peta dan kalender pribadi.

Cerita Instagram yang sudah dibagikan selama tiga tahun terakhir, sehingga pengguna dapat melihat kembali momen favorit.

Fitur ini mungkin agak mengejutkan, karena selama ini Instagram menyebut Stories akan hilang dalam 24 jam dan akan dihapus secara berkala.

Namun, ini bukan pertama kalinya Instagram menarik Stories lama untuk membuat fitur baru.

Seperti fitur “Story Highlight” yang bisa membuat pengguna membuat story mereka dilihat secara permanen.

3. Sembunyikan komentar

Instagram akan otomatis menyembunyikan komentar yang mirip dengan komentar lain yang telah dilaporkan.

Misalkan, komentar itu dilaporkan karena telah melakukan penindasan atau bullying.

Meski demikian, komentar itu akan tetap terlihat di bawah label “Lihat Komentar Tersembunyi”.

4. IGTV Shoping

Instagram baru saja merilis fitur berbelanja ke IGTV dan Reels. Pengguna bisa menambahkan fitur berbelanja (in-app shopping cart) pada produk yang dipromosikan lewat IGTV.

Jika mengklik tombol belanja itu, pembeli lantas bisa melanjutkan belanja di situs resmi perusahaan atau lewat Instagram.

Dengan demikian, saat ini pengguna Instagram bisa berbelanja hampir di semua fitur platform media sosial itu.

5. Peringatan Komentar

Instagram membuat fitur yang akan memperingatkan pengguna saat membuat komentar yang menyinggung. Bedanya, peringatan ini akan muncul ketika pengguna berulang kali mencoba memposting ucapan yang menyinggung.

Notifikasi itu dibuat agar pengguna menimbang ulang komentar sebelum dikirimkan.

6. Data Trend Instagram

Media sosial terpopuler ini juga merilis data baru tentang trend di seluruh platformnya.

Instagram bahkan menyediakan editorial untuk melihat kembali hal-hal yang populer di Instagram. Misal tren musik dengan kata kunci KPOP menjadi genre nomor 1 yang paling banyak dibahas.

Instagram mengatakan lebih dari satu juta posting yang menyebutkan “meme” dibagikan di platformnya setiap hari, 50% pengguna melihat video di Instagram setiap hari, ada lebih dari 900 juta reaksi emoji dikirim setiap hari dan rata-rata orang mengirim DM 3 kali lebih banyak daripada komentar. (dk/dn)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d bloggers like this: