Wisata

Dimulai dari Penghijauan, Wilayah Tandus di Tulungagung Jadi Desa Wisata

Pemerintah Kecamatan Pucanglaban terus menggenjot suksesnya program Pro Desa Iklim sejak dikukuhkannya Desa Kalidawe Kecamatan Pucanglaban menjadi Desa Pro Iklim, Kamis (10/09/2020) lalu. Salah satu di antara yang dilakukan Kecamatan Pucanglaban adalah menyelematkan sumber air untuk kebutuhan warga.

“Desa Kalidawe sudah mulai tampak hasilnya, dari program proklim banyak sumber air yang terselematkan dan kawasan sudah mulai hijau.” Kata Camat Pucanglaban Ali Muchtar, usai rapat koordinasi dengan Kepala Desa Demuk di eks Gedung Pemancar TVRI Sabtu (10/10/2020).

Lanjut Ali, kawasan hutan di wilayah Pucanglaban, yang sebagian besar sudah kritis akibat sudah banyak yang gundul dan aktivitas pembakaran hutan, menumbuhkan kesadaran Ali untuk melakukan langkah cerdas mengatasinya.

“Membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga hutan harus melalui pendekatan ekonomi salah satunya adalah pembentukan kawasan wisata berbasis pro iklim,” jelasnya.

Kemudian, untuk kawasan wisata Ali mengatakan bahwa jika lingkungan terjaga akan menjadi daya tarik yang diminati pengunjung. “Tidak penting jenis wisatanya, entah wisata agro atau wisata lain, yang terpenting menanam dulu agar kawasan ini hijau,” jelasnya.

Jika kawasan sudah hijau, dan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan sudah tinggi, pasti akan menemukan sendiri peluang-peluang ekonominya.

Ali juga menjelaskan, keberhasilan Desa Kalidawe akan digunakan untuk memberi motivasi kepada desa-desa lain untuk menggenjot suksesnya program pro iklim di wilayah pemerintahannya.

Selain itu, menurut Ali, terawat dan bagusnya sebuah lingkungan akan berbanding lurus dengan bagusnya ekonomi di wilayah itu.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Demuk, Suwari mengatakan, akan segera menindaklanjuti hasil rapat koordinasi yang telah dilakukan. Ia akan segera menyusun konsep desa pro iklim bersama lembaga-lembaga desanya termasuk pengelolaan kawasan hutan kritis menjadi kawasan wisata hijau.

“Akan segera kita susun, Tahun 2021 akan kita mulai Desa Pro Iklim dan puncaknya pada kawasan wisata hijau atau kawasan wisata pro iklim,” pungkasnya.  (ab/yah)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d bloggers like this: