Kesehatan

Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Perilaku CERDIK, Apa Itu?

Di tahun 2020 ini nampaknya menjadikan semua orang harus waspada akan kesehatan lantaran pandemi Covid-19. Upaya-upaya pencegahan untuk terhindar dari virus pun terus disosialisasikan kepada masyarakat di tanah air.

Pentingnya pola hidup sehat menjadi acuan yang harus diterapkan di masyarakat. Hal inilah yang tak lepas untuk terus gencar diedukasikan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang.

Pakai masker, jaga jarak, hingga makan makanan bergizi seimbang sudah menjadi hal yang biasa didengar di masa pandemi ini. Namun, hal lainnya yang tak boleh lengah, masyarakat juga diminta untuk tetap sehat agar imunitasnya terjaga.

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinkes Kota Malang, dr Bayu Tjahjawibawa, mengatakan ada beberapa hal yang perlu diketahui masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat. Yakni yang disebut dengan istilah CERDIK. “Salah satu untuk meningkatkan imunitas dan menjaga tubuh tetap sehat itu dengan menerapkan pola CERDIK,” ujarnya.

Kata CERDIK ini memiliki singkatan masing-masing. Yaitu, C yang merupakan ajakan kepada masyarakat untuk Cek kesehatan secara berkala. Tujuannya, untuk deteksi dini agar terhindar dari penyakit. Baik itu penyakit menular, terlebih PTM (Penyakit Tidak Menular) seperti hipertensi, jantung, diabetes, stroke dan lain sebagainya.

“Seorang memiliki penyakit penyerta atau komorbid (satu di antara penyakit tidak menular) maka akan mudah terserang virus termasuk covid-19. Ini pentingnya cek kesehatan, untuk mengelola agar tubuhnya tetap sehat,” imbuhnya.

Kemudian E yang berarti Enyahkan asap rokok. Dalam hal ini masyarakat terutama perokok pasif diharuskan menghindari asap rokok yang bisa memicu kerusakan paru-paru.

Selanjutnya R, yakni Rajin aktivitas fisik seperti olahraga. Huruf D, berarti Diet sehat dengan kalori seimbang. Lalu I yaitu Istirahat yang cukup, dan K adalah Kelola stress. “Diet seimbang, hindar junk food. Makan makanan dengan perbanyak sayur dan buah. Kemudian kelola stress, jangan terlalu panik, sehingga tidak memiliki beban yang berat. Maka imunitas tubuh terjaga, virus akan sulit masuk ke dalam tubuh,” tandasnya. (acf/yah)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: