Pendidikan

Suka Main Layangan, Siswa asal Probolinggo ini Juarai Olimpiade SSO

Muhammad Zaidan, siswa asal MTs Negri 1 Kabupaten Probolinggo ini kembali meraih juara dalam Lomba Science adan Social Olympiadas (SSO) pada Rabu, (14/10/2020). Sebelumnya Zaidan juga pernah membawa nama Probolinggo di ajang Internasional Kangoroo Mathematics Contest (IKMC) pada (22/7/2020) lalu.

Prestasi terbaru yang diraih Zaidan didapat saat mengikuti Lomba yang digelar oleh SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT, Desa Rejoso, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang.

Prestasi tersebut diapresiasi oleh Paman Zidan, Zuhdi Hasan. Rasa bangga diungkapkannya saat mendapat kabar bahwa sang keponakan menjuarai lomba tersebut. Di mana Riza ini telah meraih juara 2 dalam lomba SSO itu.

Uniknya, Zuhdi mengungkapkan bahwa keponakannya tengah asik main layangan, tiba-tiba mendapatkan kabar bahwa Zidan telah menjuarai olimpiade itu.

“Kemarin anaknya main layangan, dipanggil sekolah dan disuruh tes rapid karena diundang panitia ke Jombang. Tadi pagi jam 03.00 WIB berangkat sama guru, tadi sekitar jam 11 pengumuman. Alhamdulillah juara 2,” ujarnya Zuhdi.

Terpisah, Zidan mengaku tidak percaya dirinya bisa menjuarai olimpiade yang diikuti beberapa kontingen se-Jatim. “Awalnya saya kaget karena dikabari saat sedang bermain layangan sama teman. Babak final diikuti oleh beberapa kontingen dari kabupaten dan kota se-jatim,” ujarnya.

Lomba yang diikuti Zidan punya kesan tersendiri karena dilaksanakan secara Online. “Alhamdulillah senang ketika membaca pengumuman dapat posisi kedua dalam babak final,” imbuhnya.

Remaja asal Desa Sumberan, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo ini menjelaskan bahwa dirinya harus bersaing dengan 30 peserta dari kontingen kabupaten atau kota se-Jatim.

Zidan bersyukur bisa meraih penghargaan di olimpiade yang digelar oleh SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT. Dengan raihan tersebut ia mengaku tidak ada mustahil meskipun dirinya berasal dari desa, asalkan ada kemauan untuk belajar. “Raihan ini merupakan penghargaan yang menggembirakan bagi saya,” ujarnya.

Atas prestasinya tersebut, Zidan memperoleh medali dan uang pembinaan sebesar Rp 1.500.000, juga Iuran Wajib Pegawai (IWP) selama 6 bulan jika melanjutkan ke SMA Darul Ulum 2 Unggulam BPPT Jombang oleh panitia olimpiade SSO. (bn/yah)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d bloggers like this: