Politik

Banyak Keluhan Jalan Desa Rusak, Paslon LaDub Siapkan Program Sade Jamu

Pasangan Calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Malang, Lathifah Shohib-Didik Budi Muljono (LaDub) kerap menerima keluhan jalanan rusak dan membahayakan saat melakukan safari politik dan kampanye.

Karena itu juga persoalan pembangunan infrastruktur akan menjadi salah satu konsentrasi pasangan LaDub. Program itu nanti akan dimulai dari pelosok desa demi mengembangkan masyarakat Kabupaten Malang. Garapan prioritas infrastruktur itu dikemas dalam program Sade Jamu atau kepanjangan dari Setiap Desa Jalan Mulus.  “Program Sade Jamu sudah disiapkan dengan penghitungan yang tepat terhadap kemampuan APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah, red) Kabupaten Malang,” ungkapnya, Calon Wakil Bupati Malang, Didik Budi Muljono, Kamis (15/10/2020).

Didik -sapaan akrabnya- menuturkan bahwa program unggulan tersebut, telah melalui pembahasan dari paslon serta mendapat masukan dari tim ahli di Tim Pemenangan Malang Bangkit. “Saat membahas program ini saya dan Bu Nyai mendapat banyak masukan dari tim ahli untuk merealisasikannya jika nanti kami diamanahi menjadi Bupati dan Wakil Bupati Malang,” ujarnya.

Pria yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Daerah (sekda) Kabupaten Malang selama dua periode ini juga menjelaskan bahwa program unggulan “Sade Jamu” akan dilakukan dengan melakukan tahapan awal mendata jalan desa yang masih belum layak.

Jika data jalan di desa-desa Kabupaten Malang yang masih belum layak telah dicatat dan ditabulasi, maka akan dilakukan proses penentuan prioritas anggaran untuk perbaikan. “Insya Allah dalam satu hingga dua tahun, program Sade Jamu berjalan semua. Jalan di desa bisa kembali mulus dan layak bagi para pengendara kendaraan bermotor maupun mobil,” terangnya.

Terlebih lagi pada jalan desa yang merupakan akses infrastruktur menuju kawasan wisata Kabupaten Malang yang masih terdapat banyak lubang dan tidak layak untuk dilalui karena membahayakan bagi masyarakat maupun wisatawan. “Kondisi jalan menuju beberapa pantai di Kabupaten Malang kondisinya juga sangat memprihatinkan,” sebut pria yang sudah berpengalaman dalam dunia birokrasi.

Untuk jalan desa menuju kawasan wisata nantinya bakal menjadi konsentrasi utama pada program unggulan “Sade Jamu” agar memperlancar masyarakat maupun wisatawan menuju kawasan wisata. “Perlu kita perbaiki agar wisatawan bisa menuju kawasan wisata dengan nyaman dan bisa menambah PAD (Pendapatan Asli Daerah, red) Kabupaten Malang kedepan,” jelasnya.

Secara tegas Didik pun sebagai bagian dari paslon LaDub sangat meyakini bahwa program unggulan “Sade Jamu” merupakan satu program yang mampu menjawab keresahan masyarakat terkait pembenahan jalan desa yang selama ini belum menjadi prioritas. (ta/yah)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d bloggers like this: