Pemerintahan

Di Hari Jadi Kota Batu, Damri Beri Kado Spesial

Hari Jadi ke-19 Kota Batu diwarnai dengan kegembiraan. Misalnya, dengan adanya kado spesial yang diberikan Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (DAMRI) ke Pemerintah Kota (Pemkot) Batu. Yakni, dua bus  yang akan melayani  jalur wisata Batu-Bromo.

Bus wisata yang akan beroperasi pada Minggu (18/10/2020) besok, secara langsung diterima oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Wakil Walikota Punjul Santoso dan disaksikan oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di halaman Balai Kota Among Tani, Sabtu (17/10/2020).

Untuk rutenya ada dua. Pertama, dari Kota Batu ke Wali Lima Tuban melalui Lamongan. Kemudian yang kedua dari Batu ke Bromo melalui Pasuruan. Hanya saja, untuk waktunya masih dalam uji coba yang setiap pekan akan dilakukan evaluasi hingga sempurna.

“Pada tahun 2020 ada 11 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) prioritas termasuk Wisata Gunung Bromo. Hari ini ada empat lokasi tambahan yang meliputi Denpasar, Banyuwangi, Bukit Tinggi dan Kota Batu,” ungkap Kasubdit Angkutan Multimoda Dirjen Perhub Darat, Ahmad Wahyudi.

Terkait tarif layanan bus wisata ini adalahRp 175 ribu per orangnya. “Tetapi saat ini tarif itu disubsidi sebanyak 70 persen menjadi Rp 50-60 ribu. Subsidi itu diberikan lantaran HUT Kota Batu. Subsidi itu juga diberikan sejak mulainya beroperasi (besok). Tarif subsidi itu akan diberikan selama 5 hari ke depan,” tambahnya.

Lantaran pandemi Covid-19, protokol kesehatan tentunya diterapkan dengan ketat. Salah satunya dengan pengurangan kapasitas. Jika semula 19 orang, kini hanya diperbolehkan 12 orang sesuai dengan rekomendasi dari Dinas Kesehatan.

Sementara itu Wali Kota Batu Dewanti menambahkan, adanya transportasi bus yang menghubungkan Batu-Bromo mempermudah masyarakat yang ingin ke sana. Sehingga bisa dimanfaatkan oleh warga Kota Batu maupun wisatawan.

“Untuk saat ini dua armada dulu, melihat antusiasnya bagaimana. Nanti kalau dilihat over load baru bisa ditambah. Ditambah dengan adanya subsidi yang diberikan agar dimanfaatkan oleh warga Kota Batu,” ujarnya. (ir/dn)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: