Serba-Serbi

Ingin Tahu Pasar Burung di Makkah, Seperti Ini Gambaran Suasananya

Banyak orang yang memiliki hobi memelihara burung, baik jenis kicau atau yang bagus bulunya. Saking cintanya dengan burung, tak jarang mereka rela merogoh kocek berapapun untuk hewan tersebut.

Di Indonesia, pasar burung hampir ada di tiap daerah. Pria maupun wanita bebas datang ke pasar burung untuk berjualan atau membeli burung.

Namun, hal itu rupanya tidak terjadi di Makkah. Pasalnya, pasar burung di Makkah disebut-sebut tidak boleh didatangi oleh para wanita.

Hal itu terbukti melalui tayangan channel YouTube Alman Mulyana yang diunggah pada 4 November 2020. Dalam video itu, Alman mengatakan jika di pasar burung itu tidak menemukan satu pun wanita.

“Di pasar ini tu nggak bakal nemu perempuan,” ujar Alman.

Tiba di pasar, Alman mendapati sebuah mobil mewah yakni Corolla yang ternyata digunakan untuk mengangkut anak ayam.

Satu anak ayam dijual dengan harga 5 riyal atau sekitar Rp 13 ribu. Sementara ditemukan pula anak mentok dijual seharga 8 riyal atau senilai Rp 30 ribu.

Gambar
Foto: YouTube Alman Mulyana

Lalu untuk mentok yang besar dijual seharga 40 riyal atau senilai dengan Rp 152 ribu.

Siapa sangka penjual mentok tersebut merupakan orang Indonesia yang berasal dari Padang.

Penjual itu mengatakan jika mentok-mentok yang ia jual adalah hasil ternak sendiri. Selain mentok, penjual itu juga memiliki ternak kuda dan unta.

Gambar
Foto: YouTube Alman Mulyana

Di sisi lain, Alman mengatakan jika perempuan di Arab Saudi memang benar-benar sangat dijaga. Sehingga, jarang ditemui perempuan yang berkerumun di tempat-tempat ramai.

Alman lantas menemukan penjual yang menjual burung dari Amerika. Burung tersebut dijual dengan harga 250 riyal atau seharga Rp 1 juta.

Terbukti saat Alman masuk dalam wilayah pasarnya benar-benar tidak ada satu pun sosok wanita. Berbagai macam burung dan dari beberapa negara dijual di pasar tersebut.

Seperti burung dari China, ada pula ayam yang memiliki bulu seperti kucing dan lain-lain. Alman juga menemukan suasana gerombolan orang yang ternyata melakukan lelang burung merpati. (Dk/Lnr)

Powered by WPeMatico

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: