Agama

Ciri Fisik Nabi Muhammad SAW Menurut Gus Baha

Baru-baru ini, muslim di seluruh dunia dibuat geram atas pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang diduga telah merendahkan dan menghina Islam.

Hal itu bermula atas pidatonya ketika memimpin penghormatan bagi guru Prancis, Samuel Paty yang sebelumnya dikaitkan dengan pembuatan karikatur Nabi Muhammad SAW.

Dalam Islam, penggambaran Rasulullah SAW sangatlah tidak dibenarkan, dan itu akan menyakiti muslim di seluruh dunia. Namun meski begitu, dalam berbagai kitab dan riwayat telah disebutkan beberapa ciri fisik yang melekat pada Rasulullah SAW. Hal itu sebagai ungkapan kekaguman atas ciptaan Allah SWT.

KH. Ahmad Bahauddin Nur Salim atau yang lebih akrab disapa Gus Baha, dalam sebuah kajian yang diunggah channel YouTube Kajian Cerdas Official menyampaikan, Rasulullah SAW memiliki ciri fisik terbaik dan sempurna. Serta dilengkapi dengan akhlak yang baik.

Rasulullah SAW memiliki tubuh yang kekar dan wajah yang tampan. Kemudian memiliki kulit kekuning-kuningan, mata yang belok, bulu mata yang lentik, gigi depannya sangat proporsional, jidat yang lebar, hidung yang mancung sempurna, bahu yang kekar, berjenggot, rambut sepanjang tepat di bawah telinga.

“Rasulullah SAW memiliki ciri fisik yang sangat proporsional dengan wajah yang tampan,” terang Ustaz Baha.

Bukan hanya itu, Rasulullah SAW juga disebutkan bercelak dengan mata yang bulat sempurna. Keringat Rasulullah SAW berbau wangi dibanding tiupan minyak wangi. Sehingga membuat siapapun yang bersalaman dengan Rasulullah SAW akan tertinggal bau harumnya selama beberapa hari.

“Kepala anak-anak yang disentuh Rasulullah SAW akan terlihat, karena memang keharuman yang dibawa sang anak setelah disentuh Rasulullah SAW tersebut,” terang Gus Baha.

Selanjutnya, Rasulullah SAW ketika berjalan seolah fisik atasnya agak mau jatuh. Namun itu adalah sifat umat. Rasulullah SAW jika berjalan agak mau jatuh dan tidak terlalu bungkuk atau pun tegak seperti orang sombong. Diistilahkan serta digambarkan seperti orang yang berjalan dari tangga, yang secara otomatis sedikit merunduk.

“Rasulullah SAW berjalan tidak terlalu merunduk seperti orang sakit, juga tidak terlalu tegak seperti sifat orang sombong,” urai Gus Baha.

Selain itu, wajah Rasulullah SAW disebut sangat cerah seperti bulan purnama. Ketampanan Rasulullah SAW tidak tertandingi, baik sebelum periode Rasulullah SAW ataupun setelah Rasulullah SAW wafat. Manusia siapapun tidak akan melihat orang setampan Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW memiliki sifat pemalu yang positif. Sandal Rasulullah SAW terbuat dari kulit dan baju yang sobek akan selalu dijahit sendiri. Ketika ingin meminum susu, Rasulullah SAW akan mengambilnya sendiri.

“Rasulullah SAW sama sekali tidak sombong dan sering masak sendiri, serta tidak gampang menyuruh. Rasulullah SAW tidak takut atau pun melecehkan saat bertemu dengan seorang raja,” jelas Gus Baha.

Dalam berbagai kajian lain, Ustaz Khalid Basalamah menyebut, jika ketampanan Rasulullah SAW melebihi ketampanan siapapun. Rasulullah SAW memiliki ciri fisik  tidak terlalu tinggi ataupun pendek. Dadanya bidang, punggungnya kekar, memiliki perut seperti batu yang keras, kulit putih, alis tebal seperti busur panah, pipi kemerahan, bola mata besar hitam gelap, hidung mancung, bentuk wajah tidak oval dan tidak bulat serta selaras dengan bentuk mata, hidung, dan mulutnya. Rasulullah SAW memiliki rambut bergelombang. Akhlaknya jujur dan amanah. (pa/dn)

Powered by WPeMatico

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: