Pemerintahan

Pemerintah Buka Ruang Lebar Penyusunan PP UU Cipta Kerja

UU Cipta Kerja Omnibus Law hingga kini masih menjadi topik panas. Pada hari ini, Senin (9/11/2020) ratusan buruh dikabarkan akan kembali menggelar aksi demo.

Di sisi lain, pemerintah mengklaim telah membuka ruang lebar kepada masyarakat untuk memberikan masukan dan usulan dalam penyusunan aturan turunan atau Peraturan Pemerintah (PP) dari UU Cipta Kerja.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Dirinya menyebut, jika ruang yang dimaksud ialah portal resmi UU Cipta Kerja yang bisa diakses secara daring yakni melalui situs https://uu-ciptakerja.go.id.

Siapapun yang ingin memberikan usulan bisa mengakses situs tersebut.

“Supaya dapat menampung aspirasi masyarakat dan agar sejalan dengan tujuan pembentukan UU Cipta Kerja,” ungkap Airlangga.

Ia mengatakan, jika situs tersebut sudah bisa diakses masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan dalam menyempurnakan draf PP dan draf rancangan Peraturan Presiden (R-Perpres) sebagai pelaksanaan UU Ciptaker.

Lebih lanjut, kata Airlangga, sesuai dengan hasil pencatatan bersama seluruh K/L terkait, terdapat 44 peraturan pelaksanaan UU Cipta Kerja yang terdiri dari 40 RPP dan empat Rancangan Perpres.

Diketahui, saat ini sudah 19 K/L yang menjadi penanggung jawab dari Draf RPP dan R-Perpres bersama lebih dari 30 K/L lainnya sedang menyusun 44 peraturan pelaksanaan tersebut.

Airlangga juga berharap agar hal ini mampu mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional yang saat ini tengah dilakukan pemerintah dalam menghadapi masa pandemi Covid-19.

Melalui UU Ciptaker ini juga ditujukan untuk menyiapkan perekonomian Indonesia agar mampu segera bangkit dan dalam jangka menengah panjang di tengah persaingan global. (dk/dn)

Powered by WPeMatico

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: