Kesehatan

Di Puskesmas Rampal Celaket, Ibu Hamil Bisa USG Gratis

Kondisi ibu hamil selalu dianjurkan untuk selalu rutin memeriksakan kandungan. Langkah ini dilakukan agar tumbuh kembang bayi terpantau dengan maksimal. Sebab, jika tidak memeriksakan secara rutin bukan tidak mungkin akan memunculkan kehamilan berisiko tinggi.

Seperti di Puskesmas Rampal Celaket, meski di tengah pandemi Covid-19 layanan untuk pemeriksaan bagi ibu hamil tetap dijalankan. Para ibu tetap bisa datang ke puskesmas meski dengan protokol kesehatan.

Seperti anjuran pemeriksaan k1-k4 yaitu, ibu hamil harus rutin melakukan pemeriksaan paling sedikit empat kali di masa kehamilannya. Rinciannya, 1 kali pada trimester I (K1), usia kehamilan 1-12 minggu. Lalu, minimal 1 kali pada trimester II (K2), usia kehamilan 13-24 minggu. Kemudian minimal 2 kali pada trimester III, (K3-K4), usia kehamilan lebih dari 24 minggu.

Guna menunjang kebutuhan pemeriksaan ibu hamil, Puskesmas Rampal Celaket bekerja sama dengan salah satu rumah sakit swasta di Malang untuk memberikan fasilitas USG bagi para ibu di lingkup wilayahnya.

“Layanan ibu hamil memang tidak ada perubahan, pemeriksaan tetap berjalan. Malahan kita ada MoU bersama rumah sakit yayasan Marsudi Waluyo untuk USG berkala yang langsung dilaksanakan atau dikerjakan sama spesial Obgyn rumah sakit tersebut,” ujar Kepala Puskesmas Rampal Celaket, dr Moh Ali Sahib.

Metode pemeriksaan ini dijelaskannya, dilakukan setiap hari Sabtu terakhir di setiap bulannya. Para ibu hamil yang ingin melakukan USG juga tidak dikenakan biaya apapun atau gratis.

“Pemeriksaam ini dilaksanakan setiap Sabtu terakhir dalam satu bulan. Dan juga biayanya gratis,” jelasnya.

Di samping itu, edukasi-edukasi mengenai asupan gizi bagi ibu hamil tentunya juga masih terus digencarkan. Seperti mewajibkan ibu hamil untuk membiasakan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi, yakni ATIKA (Ati ayam, Telur, dan Ikan). (acf/dn)

Powered by WPeMatico

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: