Pendidikan

Keren, 50 Persen Lebih Lulusan UIN Malang Cum Laude

Lantaran mempertimbangkan keselamatan civitas, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) menggelar wisuda secara online di masa pandemi ini. Wisuda online periode II tahun 2020 meliputi program sarjana, magister, dan doktor digelar hari ini, Selasa (17/11/2020).

Rektor UIN Malang Prof Dr Abdul Haris MAg menyampaikan permohonan maaf kepada wali atau keluarga wisudawan dan wisudawati yang tak mengikuti kegiatan wisuda secara offline.

“Saya atas nama pimpinan memohon maaf sebesar-besarnya tidak bisa melaksanakan kegiatan wisuda secara offline. Dari berbagai pertimbangan dan saran-saran dari semua pihak. kita putuskan bahwa hari ini kita melaksanakan kegiatan wisuda secara online. Tidak lain tidak bukan kecuali kita menjaga kesehatan kita semua, kemaslahatan kita ke depankan,” terangnya.

Wisudawan tahap II tahun 2020 ini berjumlah 800 orang. Dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) berjumlah 205 mahasiswa, Fakultas Syariah berjumlah 116, Fakultas Humaniora berjumlah 44, Fakultas Psikologi berjumlah 35, Fakultas Ekonomi berjumlah 87, Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) berjumlah 197, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) berjumlah 17, dan Program Pascasarjana berjumlah 99 mahasiswa.

Nah, sejumlah 383 mahasiswa atau 54,92% wisudawan program sarjana meraih predikat cum laude.

Sementara predikat sangat baik berjumlah 298 atau 42,51%, predikat baik 18 mahasiswa atau 0,257 persen, dan predikat cukup nihil. Rata-rata IPK mahasiswa program sarjana yakni 3,52.

Sementara, program magister dan doktor yang meraih predikat cum laude berjumlah 69 mahasiswa atau 69,70%, predikat sangat memuaskan berjumlah 35 mahasiswa atau 30,30%, dan predikat memuaskan nihil. Rata-rata IPK untuk program magister dan doktor 3,62.

Prof Haris menyadari, beberapa pihak ada yang kecewa karena wisuda digelar daring. Akan tetapi, pihaknya menegaskan bahwa kebijakan ini demi kemaslahatan bersama.

“Mudah-mudahan tahun depan kita bisa normal kembali. Allah memberikan rahmat kepada kita semua umat manusia sedunia ini dan kita lakukan kegiatan akademik secara normal sebagaimana biasa,” tandasnya.(iiz/dn)

Powered by WPeMatico

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: