Kesehatan

Dewan Kota Malang Apresiasi Upaya Pengentasan Stunting melalui Budi Daya Ikan Air Tawar

Pengentasan Stunting kini tak hanya menjadi tanggungjawab Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kota Malang saja tapi, juga menjadi perhatian Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya. Sejumlah OPD juga turut berkampanye pencegahan Stunting terhadap anak-anak.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Pemerintah Kota Malang dengan mengajak masyarakat gemar makan ikan (gemarikan), (Rabu, 18/11/2020). Gerakan itu pun diapresiasi oleh wakil rakyat Komisi B DPRD Kota Malang.

Ketua Komisi B DPRD Kota Malang, Trio Agus Purwono menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Ia menilai, dengan keikutsertaan masyarakat pada pelatihan tersebut akan mampu memberikan lebih banyak pengetahuan tentang konsep budi daya perikanan khususnya di wilayah perkotaan.

Kegiatan tersebut juga dapat memperkuat ketahanan pangan keluarga dan bisa meningkatkan pendapatan keluarga. “Pelatihan dan pemberian peralatan pelatihan berupa kolam terpal dan benih ikan akan membantu masyarakat yang saat ini masih terdampak Covid-19. Sehingga secara langsung akan membantu aktivitas perekonomian masyarakat,” jelas Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang ini.

Selain pemberian alat-alat untuk budidaya ikan, peserta juga dilatih tata cara pemberian makan dengan benar dan tepat. Kemudian, terkait penanganan penyakit terhadap ikan, hingga pengaturan suhu dan kelembapannya. “Bagaimana pemberian pakan yang baik dan benar, penanganan penyakit, pengaturan suhu dan kelembapan itu semuanya ada aturannya. Sehingga bisa memberikan produksi yang optimal dari budidaya ikan yang dijalankan nantinya,” terangnya.

Agus menambahkan, saat ini Kota Malang masih perlu menuntaskan permasalahan Stunting. Dengan adanya pelatihan budi daya ikan air tawar diharapkan dapat menyediakan gizi bagi masyarakat. “Sebagian orang acapkali menomor duakan mengonsumsi Ikan sebagai asupan pemenuhan gizi seimbang bagi tubuh. Padahal, dengan rutin mengonsumsi ikan, menjadi salah satu pencegahan terjadinya Stunting pada anak.  (acf/yah)

Powered by WPeMatico

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: