Kuliner

Unik, Pelepah Pisang Dijadikan Camilan Kripik, Setiap Hari Produksi 25 Kilogram

Jika selama ini pelepah pisang hanya menjadi limbah dan makanan ternak, di tangan Lilik Rahayu, pelepah pisang itu disulap menjadi camilan. Warga Desa Doko, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, itu menjadikan pelepah pisang menjadi camilan lezat dan terlihat unik.

Pelepah pisang yang diolah menjadi keripik ini rasanya lezat dan tak kalah dengan keripik-keripik lainnya. Ide pembuatan keripik pelepah pisang ini berawal dari produk pertamanya tempe mendoan yang dibungkus daun pisang. Dari situlah Lilik sekaligus memanfaatkan batang pisang untuk dibuat keripik.

Semula camilan tradisional itu dikonsumsi sendiri. Tetapi setelah diunggah di media sosial (medsos), ternyata banyak yang berminat. Akhirnya Lilik memproduksi keripik pelepah pisang untuk dijual sebagai produk UMKM.

“Awalnya saya memproduksi tempe mendoan. Saat saya mencari daun pisang, menemukan pelepahnya seukuran 1 meter. Kemudian saya bawa pulang. Pelepah pisang itu saya potong-potong saya bersihkan, kemudian saya goreng menjadi keripik. Ternyata rasanya enak,” kata Lilik saat ditemui di rumahnya.

Dengan mempekerjakan 15 orang karyawan mayoritas para lansia, kripik pelepah pisang milik Lilik telah diterima oleh pasar luar Negeri. Melalui komunitas produsen kripik khusus Indonesia, camilan tradisional itu telah diekspor ke mancanegara mulai dari Singapura, Hong Kong hingga Thailand.

Produksinya pun terus meningkat. Saat ini, Lilik bisa memproduksi keripik pelepas pisang seberat 25 kilogram setiap hari. Keripik yang diproduksi itu memiliki aneka macam rasa, mulai dari rasa original, jagung bakar, keju, balado, BBQ, dan sate panggang. Adapun Harga per kilogramnya dibanderol Rp 65 ribu. Sedangkan untuk kemasan dengan berat 250 gram dipatok Rp 20 ribu.

Selain enak, pelepah pisang yang mengandung karbohidrat, protein, air dan vitamin yang memiliki manfaat untuk mengobati gangguan lambung. Keripik pelepah pisang juga baik dikonsumsi oleh seseorang yang tengah menjalankan program penurunan berat badan alias diet. (eas/yah)

Powered by WPeMatico

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: