Pemerintahan

PAW Anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi, Eko Gantikan Sugirah

Eko Hariyono, calon anggota legislatif (Caleg) asal PDI Perjuangan Daerah Pemilihan (Dapil) 4 Banyuwangi, resmi menggantikan posisi H. Sugirah setelah melakukan pengucapan sumpah/janji Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Banyuwangi masa bakti 2019-2024.

Prosesi pelantikan Eko Hariyono dilaksanakan dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Banyuwangi yang digelar di Ruang Rapat Utama Gedung DPRD Banyuwangi, Jumat (20/11/2020).

Rapat Paripurna Istimewa DPRD Banyuwangi tersebut digelar secara virtual dan dipimpin oleh I Made Cahyana Negara Ketua DPRD Banyuwangi, yang sekaligus melakukan prosesi pengucapan sumpah/janji PAW dewan atas nama Eko Hariyono.

“Eko Hariyono akan langsung menggantikan posisi H. Sugirah di Komisi II dan wakil Ketua Badan Kehormatan serta di alat kelengkapan dewan (AKD) yang lain karena sampai saat belum ada rolling di lembaga dewan,”jelas Made kepada sejumlah wartawan.

Dalam kesempatan tersebut politisi asal Kecamatan Kalipuro tersebut juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada H. Sugirah atas pengabdian yang dilakukan selama menjadi anggota DPRD Banyuwangi.

Made juga menyampaikan terima kasih kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banyuwangi, Pemerintah Kabupaten (pemkab) Banyuwangi dan Gubernur Jawa Timur serta semua pihak yang terlibat dalam proses PAW Eko Hariyono sebagai anggota dewan sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku.

Sementara, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas beserta Sekretaris Daerah (Sekda) dan beberapa pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang mengikuti Rapat Paripurna Istimewa DPRD Banyuwangi secara daring di Pendapa Sabha Swagatha Blambangan Banyuwangi, mengungkapkan atas nama pemerintah mengucapkan selamat kepada Eko Hariyono yang secara dilantik sebagai anggota DPRD Banyuwangi.

Secara khusus, dia berharap segera menyesuaikan diri untuk mengemban amanah rakyat. Agar dapat menambah spirit pembangunan demokrasi, menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai anggota DPRD Banyuwangi.

“Mas Eko ini bukan orang baru, karena sebelumnya pernah menjadi anggota dewan asal PDI Perjuangan. Memang kalau garis tangan jadi, ada saja jalan P Eko untuk jadi. Beliau awalnya tidak jadi, namun jalan Tuhan menuntun Pak Eko untuk jadi anggota dewan,” jelas Azwar Anas.

Selanjutnya, Azwar Anas menambahkan, dengan adanya pandemi wabah Covid-19 menjadikan tantangan yang cukup berat bagi pemerintah bersama anggota dewan untuk segera melakukan pemulihan ekonomi masyarakat dengan segala keterbatasan yang ada. Termasuk salah satunya menurunkan dana APBD Kabupaten Banyuwangi tahun anggaran 2021 mendatang. (nj/dn)

Powered by WPeMatico

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: