Hukum dan Kriminalitas

Polresta Madiun Bekuk Spesialis Pencuri Rumah Kosong

Kasat Reskrim AKP Fatah Meiliana didampingi Paur Humas Polresta Madiun, melaksanakan Konferensi Pers kasus spesialis pencurian rumah kosong di wilayah hukum Polres Madiun Kota.

Dalam konferensi pers tersebut, Kapolres Madiun Kota melalui Kasatreskrim AKP Fatah Meilana, mengungkapkan, komplotan tersangka ini merupakan spesialis rumah kosong. Mereka berhasil menyatroni beberapa rumah sejak bulan Juli lalu.

Rumah yang berhasil mereka gasak adalah milik R dan A di Perumahan Citra Puri Mojopahit, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun. Dan rumah milik F di Perumahan Royal Orchid, Kelurahan Josenan, Kecamatan Taman, Kota Madiun.

Dalam melancarkan aksinya, komplotan pelaku ini berpura-pura menjual obat keliling perumahan. Saat itu juga mereka berusaha memetakan rumah-rumah yang sedang kosong ditinggal penghuninya. Hingga akhirnya, pada Sabtu (3/10/2020) sekitar pukul 02.00 WIB, komplotan ini membobol rumah R dan A.

Dari rumah Perumahan Citra Puri itu, para tersangka berhasil membawa kabur laptop Lenovo, smartphone Samsung Type A6 dan Type Keystone 3. Total kerugian yang dialami korban atas kejahatan komplotan ini mencapai Rp 31 juta.

Setelah berhasil menyatroni rumah tersebut, komplotan ini kembali beraksi di rumah milik Ferry pada Rabu (4/11/2020) sekitar pukul 01.00 WIB. Dari tempat ini mereka membawa kabur perhiasan dan ponsel. Kerugian korban ditaksir Rp 8 juta.

Tersangka AWL berperan mengantarkan dua pelaku lainnya ke TKP. Selain sebagai penunjuk arah, tersangka juga berperan untuk mengawasi kondisi sekitar lokasi, setelah aman mereka kemudian kabur.

“Kelompok ini memiliki peran. Satu sebagai joki, dua sebagai eksekutor. Sasarannya rumah kosong yang ada di perumahan-perumahan di wilayah karisidenan Madiun,” jelasnya.

Fatah mengimbau agar masyarakat yang kehilangan bisa melaporkannya untuk dicek dan disikronkan. Kemudian ke depan agar para pemilik rumah yang kosong supaya menitipkannya ke-petugas keamanan perumahan, sehingga kasus pencurian dapat diminimalisir. (dep/dn)

Powered by WPeMatico

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: