Giri Prasta Minta OPD Agar Arahan BPK Dijadikan Urgency dan Priority

by -57 views
Giri Prasta Minta OPD Agar Arahan BPK Dijadikan Urgency dan Priority

MANGUPURA-Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mengingatkan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung untuk selalu memberikan dukungan penuh dalam menyediakan data dan dokumen yang dibutuhkan oleh tim pemeriksa.

“Sebelumnya kami sudah mendengarkan dan juga mencatat semua instruksi yang diberikan oleh Kepala BPK Perwakilan Bali. Saya minta semua OPD untuk menindaklanjuti dan mengikuti instruksinya sebagai hasilnya. segera dan prioritas, “Ditegaskan Giri Prasta didampingi Sekretaris I Wayan Adi Arnawa saat menerima Ketua BPK RI Bali Sri Haryoso Suliyanto bersama tim dalam rangka penelaahan detail Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Badung (LKPD) Tahun Anggaran 2020 di Bilik Kriya Gosana, Puspem Badung, Senin (5/4).

Acara tersebut juga dihadiri oleh Inspektur Kabupaten Badung, Luh Suryaniti, dan Ketua OPD Pemerintah Kabupaten Badung.

Baca:  Jarang Keluar Rumah, Kompol Juli Ungkap Fisik dan Psikis Tersangka

Bupati Giri Prasta juga menyampaikan bahwa ada hal menarik yang disampaikan oleh Kepala Perwakilan BPK RI Bali kepada beliau yaitu mengajak semua pihak untuk selalu melakukan perencanaan yang baik dalam penyelenggaraan pemerintahan bahkan dalam situasi pandemi seperti ini.

“Ada hal menarik yang disampaikan oleh Ketua BPK Perwakilan Bali. Terlepas dari situasi dunia, rencana itu harus kita laksanakan. Oleh karena itu kita selalu meminta arahan dan arahan dari BPK Republik Indonesia, agar kita bisa melanjutkan semua. kebijakan di Badung dan menjalankan tanggung jawab kami, “katanya.

Pada kesempatan ini Bupati Giri Prasta atas nama Pemerintah Kabupaten Badung juga mengucapkan terima kasih kepada Badan Perwakilan Provinsi Bali yang telah memberikan bantuan, pembinaan dan arahan terkait pengelolaan keuangan daerah kepada seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung.

Baca:  Tilep Duit Nasabah Untuk Bayar Pinjol, Eks Sales BRI Divonis 2 Tahun

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala Perwakilan BPK Bali dan pangkatnya karena selama ini selalu memberikan arahan, pembinaan dan pendampingan kepada Pemerintah Kabupaten Badung dalam mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan bertanggung jawab,” ujarnya seraya menambahkan bahwa saat ini pihaknya Pemerintah Kabupaten Badung sudah memasuki arah transformasi digital terkait pengiriman data.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPK RI Bali Sri Haryoso Suliyanto mengatakan, pemeriksaan mendetail ini merupakan kelanjutan dari proses penyampaian LKPD tahun anggaran 2020 sebelumnya yang disampaikan oleh Pemerintah Kabupaten Badung kepada Perwakilan BPK RI Bali pada 26 Maret lalu.

Untuk itu, BPK harus segera melakukan pemeriksaan detail selama 30 hari terhitung mulai 5 April hingga 7 Mei 2021, ”ujarnya.

Baca:  Ribuan Guru di Karangasem Divaksin, Tapi Banyak yang Belum Kebagian

Tujuan pemeriksaan ini, menurut Sri Haryoso Suliyanto, untuk memberikan keyakinan yang cukup (jaminan yang wajar) bahwa laporan keuangan telah disajikan secara material.

Dengan mempertimbangkan kesesuaian LKPD dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), kecukupan pengungkapan, efektivitas sistem pengendalian internal dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

“Kami berterima kasih kepada Bupati Badung beserta jajarannya yang bersedia menerima kami dalam melakukan audit guna mewujudkan keuangan daerah yang transparan dan bertanggung jawab sehingga visi dan misi Pemerintah Kabupaten Badung dapat terwujud,” ujarnya.

.

Komentar