Penumpang di Pelabuhan Padangbai Turun, Bongkar Muat Diperpanjang

by -21 views
Penumpang di Pelabuhan Padangbai Turun, Bongkar Muat Diperpanjang

AMLAPURA – Kegiatan bongkar muat kapal di Pelabuhan Padangbai, Kabupaten Manggis diperpanjang menjadi 2,5 jam.

Perpanjangan dilakukan karena penurunan jumlah penumpang dan barang tujuan Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) selama beberapa bulan terakhir.

Kepala Pelabuhan KSOP Padangbai Ni Luh Putu Eka Suyasmin menilai penurunan jumlah penumpang di Padangbai terjadi hampir setiap tahun.

Selain faktor pandemi Covid-19, penurunan tersebut juga dipengaruhi oleh beroperasinya tol laut Gilimas (Lombok) hingga Tanjung Wangi (Banyuwangi).

“Ya, kegiatan bongkar muat diperpanjang menjadi 2,5 jam pada siang hari hingga pengangkutan maksimal. Karena bebannya rendah,” kata Eka Suyasmin.

Eka Suyasmin mengungkapkan, sebelumnya waktu bongkar muat diberikan selama 1,5 jam. Namun saat ini, dengan jangka waktu 1,5 jam, muatan yang diangkut kapal tersebut mengalami penurunan sehingga tidak dapat menutupi biaya operasional.

Baca:  Jernihkan Air dan Hilangkah Bau, Tukad Bindu Dituangi Eco Enzyme

Penumpang lebih sedikit. Perusahaan kapal mengalami kerugian karena tidak cukup menutupi biaya operasional, jelasnya.

Tidak hanya berdampak pada waktu bongkar muat, penurunan jumlah penumpang juga menyebabkan sejumlah perusahaan pelayaran memilih mengalihkan atau merelokasi kapalnya untuk mencari peluang ke pelabuhan yang lebih sibuk.

“Sejauh ini ada sekitar sembilan kapal yang berpindah rute untuk mencari pelabuhan yang lebih ramai,” pungkasnya.

.

Komentar